Pengaruh home visit dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v20i1.1084Abstract
Home visit pada sekolah dasar menjadi penting karena guru kelas memiliki tugas untuk mengajarkan semua mata pelajaran, kecuali olah raga dan pendidikan Agama. Karena mengajarkan semua mata pelajaran, guru pada prakteknya hanya mengejar target pelaksanaan kurikulum agar terpenuhi. Pada akhirnya, setiap guru hanya bertugas memburu target terselesainya kurikulum, sehingga hal-hal yang teknis dalam praktek pendidikan terabaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruhpelaksanaan home visitterhadap hasil belajar, kemudian menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar serta untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan home visit dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.
Penelitianini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Objek penelitianini adalahlayanan home visit, motivasi belajar , dan hasil belajar siswa di SD IT Harapan Bunda Purwokerto.Adapun lokasi di dalam penelitian ini dilakukan di SD IT Harapan Bunda Purwokerto. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Desember 2017.Berdasar pembahasan yang telah dilakukan, maka kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: a). Pelaksanaan layanan home visitberpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SD IT Harapan Bunda Purwokerto, semakin baik pelaksanaan layanan home visitmaka akan meningkatkan hasil belajarsiswa; b). Motivasi belajar siswaberpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SD IT Harapan Bunda Purwokerto, semakin baik motivasi belajar siswa,maka akan meningkatkan hasil belajar siswa; c). Pelaksanaan layanan home visitdan motivasi belajar siswaberpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SD IT Harapan Bunda Purwokerto, semakin baik pelaksanaan layanan home visitdan motivasi belajar siswa, maka akan meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: home visit, motivasi belajar, hasil belajar
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).