PENGARUH PERSEPSI RESIKO, KENIKMATAN BELANJA, DAN DESAIN SITUS TERHADAP NIAT BELI ONLINE (STUDI PADA PELANGGAN ZALORA)
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v20i2.1107Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh persepsi resiko, kenikmatan belanja, dan desain situs terhadap niat beli online dalam konteks online shopdengan produk fashion dan aksesoris Zalora. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian konsumen secara online, terutama mengenai faktor persepsi resiko, kenikmatan belanja, dan desain situs. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Responden berjumlah 100 orang yang diambil di wilayah Kota Purwokerto. Metode non probability samplingdengan teknik purposive samplingdigunakan dalam metode sampling dalam penelitian ini. Untuk menguji hubungan antar variabel digunakan metode analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi resiko berhubungan negatif dan signifikan terhadap niat beli online, kenikmatan belanja berhubungan positif dan signifikan terhadap niat beli online, dan desain situs berhubungan positif dan signifikan terhadap niat beli online. Hal ini memberikan masukan bagi perusahaan untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada para konsumen bahwa transaksi onlinedilakukan sesuai dengan yang dijanjikan demi meminimalisir resiko kerugian. Selain itu juga perlu menampilkan foto dan video mengenai produk-produk yang dijual dengan susunan yang menarik dan pengaturan (setting) yang memudahkan konsumen dalam berbelanja secara online dan meningkatkan kualitas desain situs melalui menambahkan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para konsumenDownloads
Published
2018-03-21
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).