PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KINERJA DENGAN PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT SEBAGAI PEMEDIASI PADA GURU IPA SMP SE-PROVINSI JAWA TENGAH DAN DIY
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v19i4.1111Abstract
Jurnal dengan judul pengaruh kepemimpinan partisipatif dan learning organizationterhadap kinerja dengan psychological empowermentsebagai pemediasi pada guru IPASMP se-Provinsi Jawa Tengah dan DIYdilakukan untuk menguji variabel-variabel kepemimpinan partisipatif, learning organization, psychological empowermentterhadap kinerja guru mata pelajaran IPA SMP. Penelitian dilakukan di LPMP Jawa Tengah dengan sampel berjumlah 114.
Penelitian menggunakan metode probability samplingdengan teknik simple random sampling.Hasil analisis menunjukkan kepemimpinan partisipatif tidak berpengaruh terhadap kinerja, kepemimpinan partisipatif tidak berpengaruh terhadap psychological empowerment, psychological empowermentberpengaruhpositifterhadap kinerja, learning organizationberpengaruh terhadap kinerja, learning organizationberpengaruh terhadap psychological empowerment.Dengan hasil penelitian ini pihak sekolahdisarankan untuk selalu menjaga keharmonisan semua guru agar selalu bekerja maksimal untuk memperoleh hasil kerja yang sesuai dengan tujuan pendidikan, memberikan kompensasi, reward, dan motivasi lainnya bagiguru yang memiliki kinerja yang tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).