PENGARUH HEDONIC SHOPPING TERHADAP IMPULSE BUYING YANG DIMEDIASI EMOSI POSITIF (SURVEI PADA KONSUMEN TOKO FASHION DI KOTA “X”)

Davota Ikanubun, Sri Murni Setyawati, Nur Choirul Afif

Abstract


Jenis penelitian ini adalah explanatory reserach,  tujuannya untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping terhadap impulse buying yang dimediasi oleh emosi positif konsumen pada pembelian pakaian di toko fashion. Penelitian ini dilakukan di Kota “X” dengan sampel sebanyak 160 responden yang merupakan mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Kota “X”. Analisis data menggunakan regresi dengan mediasi untuk mengetahui pengaruh dari variabel hedonic shopping terhadap impulse buying, hedonic shopping terhadap emosi positif, emosi positif terhadap impulse buying, dan variabel hedonic shopping terhadap impulse buying yang dimediasi oleh emosi positif. Pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hedonic shopping memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying, hedonic shopping berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, emosi positif berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, dan emosi positif tidak berpengaruh signifikan memediasi hubungan antara hedonic shopping dengan impulse buying.


References


Dewi, N. R., Suharyono., dan K. Srikandi. (2015). Pengaruh Fashion Involvement dan Kecenderungan Hedonic Consumption Dengan Mediator Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion (Survei Pada Pembeli Pakaian Di Mall Olympic Garden Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Volume 26, Nomor 2, (1-10).

Hawkins, D. I., David, L., and Mothers B. (2014). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, Twelfth Edition. McGraw-Hill Education, 2 Penn Plaza, New York.

Jemli, K. (2013). Consommation de mode chez les adolescents: Rôle des processus identitaires. La Revue Gestion Et Organisation Volume 5, (62–70).

Kosyu, D. A., Hidayat, K., dan Abdillah Y. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 14, Nomor 2, (1-7).

Mohan, G., B. Sivakumaran., and P. Sharma. 2013. Impact of Store Environment on Impulse Buying Behavior. European Journal of Marketing. Volume 47, Nomor 10.

Park, E. J., E. Y. Kim., and J. C. Forney. 2006. A Structural Model of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management Volume 10, Nomor 4, (433-446).

Park, J., and S. J. Lennon. (2005). Psychological and Environmental Antecedents of Impulse Buying Tendency in the Multichannel Shopping Context, Journal of Consumer Marketing. Volume 23, Nomor 2, (56–66).

Pattipeilohy, V. R., Rofiaty., and M. S. Idrus. (2013). The Influence of the Availability of Money and Time, Fashion Involvement, Hedonic Consumption Tendency and Positive Emotions Towards Impulse Buying Behavior in Ambon City (Studi on Purchasing Products Fashion Apparel). International Journal of Bussiness and Behavioral Sciences, Volume 3, Nomor 8, (36-49).

Rachmawati, V. (2009). Hubungan Antara Hedonic Shopping Value, Positive Emotion, dan Perilaku Impulse Buying Pada Konsumen Ritel. Majalah Ekonomi Tahun XIX, Nomor 2, (192-209).

Rieke, S. E., D. C. Fowler., H. J. Chang., and N. Velikova. (2016). Exploration of factors influencing body image satisfaction and purchase intent: Millenials females. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, Volume 20, Nomor 2.

Samuel, H. (2005). Respons Lingkungan Berbelanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana pada Toko Serba Ada (Toserba) (Studi Kasus Carrefour Surabaya). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 7, Nomor 2, (152-170).

Saran, R., S. Roy., and R. Sethuraman. (2016). Personality and Fashion Consumption: A Conceptual Framework In The Indian Context, Journal of Fashion Marketing and Management: An Internasional Journal, Volume 20, Nomor 2, (157-176).

Verplanken, B., and Sato A. (2011) The Psychology of Impulse Buying: an Integrative self-regulation Approach. Journal of Consumer Policy, Volume 32, Nomor 4, (197-210).

Weinberg, P., and W. Gottwald. 1982. Impulsive Consumer Buying as a Result of Emotion. Journal of Business Research, Nomor 10, (43-57).




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :