PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETRAMPILAN DAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI STRATEGI KEBERLANGSUNGAN USAHA PADA UMKM BATIK DI KABUPATEN BANYUMAS

Ekaningtyas Widiastuti

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada SDM UMKM Batik di Wilayah Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian adalah untuk meneliti peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan SDM terhadap pencapaian keberlangsungan usaha. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling, dan jumlah sampel sebanyak 52. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan usaha, ketrampilan berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan usaha, dan kemampuan berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan usaha. Variabel pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan mempunyai pengaruh terhadap keberlangsungan usaha sebesar 48,2%%. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa para pelaku dan pengrajin batik berpotensi untuk dapat dikembangkan dan dikelola secara optimal dan lebih terarah. Pengetahuan, keterampilan dan kemampuan pelaku usaha dan pengrajin UMKM Batik di Banyumas dapat ditingkatkan melalui strategi transfer pengetahuan dan teknologi, pendampingan dan pelatihan secara rutin yang terkait dengan kompetensi, sehingga keberlanjutan usaha akan tercapai.

References


Aribawa D, 2016. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM Di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis. Vol. 20 No. 1.

Marlina. Nina. 2011. Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Bisnis pada Sentra UKM Boneka Paris Van Java di Bandung. Tesis. Jakarta. Universitas Gunadarma. Diakses pada tanggal 8 November 2015. http://elib.unikom.ac.id

Rahayu AY., Musdholifah.2017. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlanjutan UMKM Di Kota Surabaya.. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 5 Nomor 3.

Widiastuti, Sulistyandari. 2016. Kompetensi SDM Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM Batik Di Kabupaten Banyumas.LPPM Unsoed.

http://tissorindonesia.com (diakses 8 Maret, 2017)




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :