PENGARUH KOMPETENSI DAN PELATIHAN GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DENGAN MMOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MI, MTS DAN SMK YAYASAN PESANTREN DARUL ABROR KEDUNGJATI

Yuliana Yuliana, Haryadi Haryadi, Ade Irma Anggraeni

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, kompetensi, dan pelatihan terhadap profesionalisme guru dengan motivasi sebagai variabel intervening di MI, MTs, dan SMK Yayasan Pondok Pesantren Darul Abror Kedungjati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan analisis regresi linier berganda. Lokasi penelitian dilaksanakan di MI, MTs, dan SMK Yayasan Pondok Pesantren Darul Abror Kedungjati. Populasi dalam penelitian ini semua guru di MI, MTs, dan SMK Yayasan Pondok Pesantren Darul Abror Kedungjati. Jumlah sampel penelitian sama dengan populasi penelitian sebanyak 43 guru di MI, MTs, dan SMK Yayasan Pondok Pesantren Darul Abror Kedungjati. Hasil penelitian ini adalah variabel kompetensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi guru. Dengan adanya kompetensi yang baik sesuai dengan beban kerja, maka dapat menambah motivasi guru semakin baik dan meningkat. Variabel kompetensi, variabel pelatihan, dan variabel motivasi secara bersama-sama memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru. Guru yang memiliki kompetensi, pelatihan dan motivasi yang tinggi, maka guru tersebut akan memiliki profesionalisme guru yang tinggi. Variabel kompetensi dan pelatihan secara bersama-sama memiliki pengaruh  positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru dengan motivasi sebagai variabel intervening. Variabel pelatihan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap motivasi guru.


References


Ali. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja, Komunikasi dan Komitmen terhadap Profesionalisme Guru IPA SMP Di Rayon Sabatu Kaupaten Paregi Moutung. Jurnal Mitra Sains 5 (4) : 1-11

Agatha Maria, Muhammad Anasrulloh, dan Nailariza Umami .2017. Kontribusi Pelatihan Terhadap Profesionalsime guru sekolah dasar di kabupaten Tulungagung. Journal Prosiding 2 (4) : 1-11

Alkmal, Zaldi, A.Rahman Lubis,Mukhlis Yunus. 2012. Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi dan Disiplin Serta Dampaknya Pada Kinerja Pegawai Sekertariat Daerah Aceh Unsyiah. Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi keenam). Jakarta: Rineke Cipta.

Budiman,Jumardi. 2016. Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap (GTT) Di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau. Fakultas Ekonomi Universitas Skolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Pontianak, Pontianak, Indonesia.

Cahyani,I. Eko, Sunandar, dan Yovitha Yilejantiningsih.2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompensasi, dan Ikim Kerja Terhadap Profesionalsime Guru Di SD Negeri Se- Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia.

Cheng, Yin Cheong. 2010. Relation Between Teachers' Professionalism and Job Attitudes, Educational Outcomes, and Organizational Factors. Chinese : the chinese university of hong kong. Journal of Educational Research,Vol. 89, No. 3, pp. 163-17

Darmawan,Yuyun Yuniar, Wayan Gede Supartha, Agoes Ganesha Rahyuda. 2017. Pengaruh Pelatihan Terhadap Motivasi dan Kinerja di Prama Santur Beach-Bali. Bali.Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Daryanto. 2013. Standar Kometensi dan Penelitian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Douglas N.Harris Tim R.Sass. 2011. Teacher training, teacher quality and student achievement. Journal of Public Economics Vol. 95, Issues 7–8, pp798-812

Erpidawati dan Rantih Fadhlya Adri. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja dan Insentif terhadap Kinerja Profesionalsime guru SD Muhammdaiyah Kota Padang. Padang: Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat. Journal penelitian dan kajian ilmiah menara ilmu Vol. 11, No. 77

Firdaus, Daniatul. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2. Kediri: STAIN Kediri. Journal of Islamic Education Vol 2, No 2

Gunawan, Imam, dan Djum Djum Noor Benty. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengaruh Praktik. Bandung : Alfabet Bandung.

Hasibuan, Malayu. 2017. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hildebrand Susan A and MinheeEom. (2010). Teacher professionalization: Motivational factors and the influence of age. Journal Teaching and Teacher Education.Vol.27, issue 2, pp 416-423

Kopri. 2015. Motivasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kristine LammWest and EltonMykerezi. 2011. Teachers’ unions and compensation: The impact of collective bargaining on salary schedules and performance pay schemes. Journal Economics of Education Review.Vol. 30, Issue 1, pp 99-108

Kunandar. 2001. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Martoyo,Susilo. 2007. Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Miyono, Noor dan Nur Makhsun. 2015. Kompetensi dan Budaya Kerja Guru Dalam Membentuk Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung. Temanggung: Universitas PGRI Semarang. Journal Manajemen Pendidikan JMP Vol. 6, No. 3

Mulyasa. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Posdakarya.

Mulyawan, Budi. 2012. Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Singaraja : Undiksha Singaraja.

Nazar, Fuad Endang, Siti Astuti Muhammad, dan Faisal Riza.2014. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan. Journal Administrasi Bisnis. Vol. 13, No. 1

Ngatemin, dan Wanti Arumwanti. 2012. Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan Hotel di Kaupaten Karo Provinsi Sumatra Utara. Journal Riset Akuntasi dan Bisnis Vol. 13, No. 1

Priansa, D. Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme guru. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, Sri, Syahir Natsir dan Mauled Moelyono. 2015. Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar dan Kompensasi Terhadap Profesionalisme Guru di SMK Negeri 3 Palu. Journal Katalogis Universitas Tadulako, Vol. 3, No. 12

Roza, Joni. 2016. Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalsime Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Di Kabupaten Tanah Datar.Journal Manajemen Pendidikan Vol. 4, No. 2

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Karisma Putra Utama.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2006. Metode Penelitian Suvai. LP

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. 2015. Statistik Non Parametris untuk Peneitian . Bandung: Afabeta.

Suliyanto. 2011. Ekonomietrika Terapan : Teori dan Aplikasi Degan SPSS. Yogyakarta; Penerbit ANDI.

Sudana, I. Wayan. 2015. Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja Karyawan di Grand Puncak Sari Restauran Kintamani.Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Bali.

Sudjana, I. Nengah, Amiartuti Kusmaningtyas. 2013. Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan Diri, Sistem Penghargaan, Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Pada Profesi dan Profesionalsime Guru SMA Negeri di Bali. Journal DIE Vol. 9, No. 2

Sunardi. 2011. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Supervisi Akademik dan Kegiatan Pengembangan Profesi Terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri 1 Sigaluh. Purwokerto, Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: CARS

Supriyanto, Arie dan Tawil. 2014. Pengaruh Insentif, Pelatihan, Komunikasi dan Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Guru SD Mutual Kota Magelang. Magelang; FKIP UM Magelang. Journal Bina Matria Vol. 3, No. 2

Surya, Moh. 2005. Percikan Perjuangan Guru. Semarang: CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI.

Suyanto dan Asep Djihad. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Tanzah, Ahmad dan Achmad Patoni. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja, Komunikasi dan Komitmen Terhadap Profesionalisme Guru di MTs Negeri Se-Kabupaten Trenggalek. Journal Administrasi Pendidikan, Vol. 2, No.2

Ulfah, Choinyah, Yovitha Yuliejantiningsih, dan AY Soegeng. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalsitas Guru di Madrasah Tsanwiyah Negeri Kediri 2. Kediri: STAIN Kediri. Journal Of Islamic EducationVol.2, No.2

W, Veronika Ellyana Dian, Mintasih Indriayu, dan Sudarno. 2016. Pengaruh Kompensasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Kristen 1 Surakarta. Surakarta: Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Wajihidin, Mohamad, M. Fathorrazi, Diana Sulianti K Tobing . 2010. Pengaruh Kompensasi dan Budaya Organisasi Terhadap Profesionalisme Guru Dengan Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di MTs Miftahul Ulum Banyu Putih Kidul Jatiroto Lumajang). Lumajang: Universitas Jember. Jurnal Relasi,Vol 10, No 2

Waryanto. 2010. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan dan Komitmen Organisasi Terhadap Profesionalisme Guru SMP Negeri di Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap. Tesis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Widya, Maria Agasha. 2013. Kontribusi Pelatihan Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Tulungagung. Journal Prosiding vol.2 No.4

Wulansari, Puspita. 2014. Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi Karyawan Di Departemen Sumberdaya Manusia PLN Kantor Distribusi Jawa Barat dan Banten. Banten: Universitas Telkom. Journal Manajemen Indonesia, Vol. 14. No. 2

Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas. Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :