ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS UMKM DI KOTA TASIKMALAYA

Rita Tri Yusnita, Budhi Wahyu Fitriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di lingkungan kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian diuraikan dalam tiga tujuan, yaitu  mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh hutang jangka pendek terhadap profitabilitas, 2) pengaruh hutang jangka panjang terhadap profitabilitas, dan 3) pengaruh total hutang terhadap profitabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan sampel sebanyak 30 UMKM yang dianggap representatif dari populasi UMKM di lingkungan kota Tasikmalaya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Short-term Debt to Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas UMKM di lingkungan kota Tasikmalaya, Long-term Debt to Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas UMKM di lingkungan kota Tasikmalaya, sedangkan Total Debt to Asset berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap profitabilitas UMKM di lingkungan kota Tasikmalaya.


References


Abor, J. 2005. The Effect of Capital Structure on Profitability: An Empirical Analysis of Listed Firms in Ghana. The Journal of Risk Finance 6 (5), 438-445.

Agus Sartono. 2011. Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : BPFE

Ali Kesuma. 2009. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go Public, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.11 No.1 Hal : 38-45, Maret.

Astuti, Kurniasih Dwi., Retnowati, Wulan., dan Rosyid, Ahmad. 2015. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Go Publik yang Menjadi 100 Perusahaan Terbaik Versi Majalah Fortune Indonesia Periode Tahun 2010-2012). Jurnal Akuntansi, Vol, 2 No. 1 Juli 2015, Hal: 49-60.

Bambang Riyanto. 2010. Dasar – Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Dedy Supianto, Witarsa, dan Warneri. 2012. Pengaruh Rasio Utang Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Makanan dan Minuman Terdaftar di BEI Periode 2008-2011. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, Vol.2 No. 1 Januari 2013. Hal: 2-13.

Gill, Amarjit., Biger, Nahum., dan Mathur., Neil. 2011. The Effect of Capital Structure on Profitability: Evidence from the United States. International Journal of Management Vol. 28 No. 4 Part 1 Dec 2011.

Kodrat, David Sukardi. 2009. Peranan Struktur Modal terhadap Profitabilitas. Jurnal Eksekutif Vol. 6 No. 1 Februari.

Mochammad Nazir. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Munawir, S. 2010. Analisis laporan Keuangan Edisi keempat. Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Liberty.

Ridwan Tobing dan Nirwana Tallanky, 2004. Kamus Istilah Akuntansi. Jakarta : Atalya Rilany Sudeco.

Said Kelana Asnawi dan Chandra Wijaya. 2005. Riset Keuangan, Pengujian-Pengujian Empiris, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian, Edisi kesepuluh. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Warsono, Sony dkk, 2009. Corporate Governance Concept and Model. Yogyakarta: Center of Good Corporate Governance.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :