PENGARUH SELF EFFICACY, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI

Zustiana Zustiana

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, lingkungan keluarga terhadap motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar sebagai variabel pemediasi di SM5K Negeri se-Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan sampel sebanyak 336 siswa SMK Negeri di Kabupaten Cilacap.

                                Hasil penelitian ini adalah: (1) self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebiasaan belajar; (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebiasaan belajar; (3) self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi; (4) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi; (5) kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi; (6) self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar sebagai variabel pemediasi; (7) self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi, dengan kebiasaan belajar sebagai variabel pemediasi.

References


Abdul Rahman Barakatu. (2007). Membangun Motivasi Berprestasi: Pengembangan Self efficacy dan Penerapanya Dalam Dunia Pendidikan. Lentera Pendidikan Jilid 5.

Ahmadi, Abu. (2007). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Akdon dan Riduwan (2012). Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika, Cetakan I, Bandung; Alfabeta

Anni, Chatarina (2006). Psikologi Belajar, Semarang; UNNES press.

Bandura, A. (2009). Self-Efficacy In Changing Societies Cambridge UK, Cambridge University press

Baron Reuben M dan Kenny David A, (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Reseach: Conceptual Strategic and statistical Considerations; Jurnal of Personality and Social Psychology, Vol 51 No.6 1173-1182

Creswell, J.W (2012), Research Desain Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Cetakan ke dua, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Dapodik.pdkjateng.go.id (2018). Jumlah Data Peserta Didik Berdasarkan jenjang Pendidikan dasar dan Menengah, diakses Agustus 2018

Djaali H. (2012). Psikologi Pendidikan Jakarta: PT. Bumi Aksara

Djiwandono, S.E.W(2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Ghozali, Imam (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Jurni Kumaat (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan motivasi berprestasi siswa SMA negeri 1 Montong. Jurnal Forum Pendidikan

Pranitasari Risma Putri (2010), Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap

Motivasi berprestasi pada siswa kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMKN Tegal; Semarang, UNNES

Prayitno, Elida ( (1989); Motivasi dalam Belajar; Jakarta ; Depdikbud

Rahayu Fitri Yanti (2014). Peran Orang tua dalam mengembangkan kebiasaan belajar kelas tinggi di SD N 16 Luhak Nan Duo Desa Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat ( studi pada orang tua yang memiliki anak usai SD. Jurnal Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat

Ratna Haryani dan MM.W Tairas. (2014). Motivasi berprestasi pada berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan. Surabaya. Universitas Airlangga

Rola, Fasti. (2006). Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja, Yogyakarta; Jurnal UNY

Santrock.J.W. (2011) Educational psycology (5th ed). New York. NY. McGraw Hill Companies

Slameto. (2003) Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhendra. (2016). Kontribusi motivasi berprestasi terhadap regulasi diri siswa membolos di madrasah aliyah negeri 2 Payakumbuh serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Konselor ISSN 1412-9760.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sularti (2008). Program Bimbingan dan Konseling Untuk Mengembangkan Sikap dan Kebiasaan Belajar Siswa, Bandung: SPS PBK UPI

Suliyanto (2011). Ekonometrika Terapan Teori dan Aplikasi dengan SPSS, Yogyakarta: CV Andi Offsett.

Inayah. (2013). Motivasi berprestasi dan self regulated learning. Junal online psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang

The Liang Gie, (1995). Cara Belajar yang Efisien jilid 2 Edisi ke empat: Yogyakarta: Liberty

Wagiran, (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan implementasi. Yogyakarta: Depublish Publisher

Wahyu Puji Lestari dan Dian Ratnaningtias Afifah (2016). Pengaruh self efficacy dan kecerdasan emosi terhadap motivasi berprestasi siswa SMK PGRI Madiun. Counsellia: Jurnal bimbingan dan konseling




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :