ANALISIS PROFESIONALISME DAN ETIKA PROFESI DALAM PENENTUAN PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS

Arum Ardianingsih, Amalia Ilmiani

Abstract


Auditor adalah profesi yang lahir dan berkembang karena permintaan publik atas pihak independen untuk menjembatani kepentingan perusahaan dengan para pemangku kepentingan. Auditor profesional adalah mereka yang mampu memahami tanggung jawab mereka kepada publik, klien dan kolega dalam memberikan layanan audit laporan keuangan yang berkualitas. Etika profesional diperlukan sebagai pedoman bagi auditor untuk berperilaku. Seorang yang profesional dan berpegang teguh pada etika profesi akan berhati-hati dalam menentukan tingkat salah saji material yang terkandung dalam laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang hubungan antara profesionalisme dan etika profesional dalam penentuan pertimbangan tingkat materialitas. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, heterokedasitas dan multikolinieritas. Teknik analisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme dan etika profesional memiliki pengaruh positif signifikan terhadap tingkat salah saji material.

Kata kunci: Profesionalisme, Etika Profesional, Tingkat salah saji material


Keywords


Profesionalisme, Etika Profesional, Tingkat salah saji material

References


Ekawati, Luh Putu. (2013). Pengaruh Profesionalisme, Pengalaman Kerja dan Tingkat Pendidikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Humanika JINAH, Vol. 3 No.1 Singaraja.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS.Edisi ke-4. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gujarati, Damodar. (2003). Ekonometrika dasar. Terjemah Sumarno Zein. Jakarta: Erlangga.

Hall, R. (1968). Profesionalizaion and Bureacrutization.American Sociological Review.Vol. 33.P211-228..

Hastuti , dkk. (2003). Hubungan antara Profesionalisme dengan Pertimbangan Tingkat

Materialitas dalam proses Pengauditan Laporan Keuangan. Prossiding Simposium Nasional Akuntansi.Otober. Hal 1206-1220.

International standard on auditing (ISA). (2017). Handbook of international quality control, auditing, review, other assurance, and related services pronouncements. IAASB.

Kusuma, Novanda Friska Bayu Aji. (2012). Pengaruh Profesionalisme, Etika Profesi, dan Pengalaman Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. (e-journal)

Totok Mardikanto. (2014). CSR (corporate sosial responsibility), Bandung: Alfabeta.

Tuanakotta, Theodorus M. (2015). Audit berbasis ISA. Jakarta: Salemba Empat.

Yani Indras Widarti. (2015). Pengaruh profesionalisme, etika profesi dan pengalaman terhadap pertimbangan tingkat materialitas”. Skripsi fakultas ekonomi universitas muria kudus. (e-journal).




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :