MEDIASI SIKAP PADA PENGARUH KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA UKM DI PURWOKERTO

Bambang Setyobudi Irianto

Abstract


UKM adalah sektor penting bagi perekonomian negara. Akan tetapi banyak masalah yang dihadapi oleh UKM, salah satunya adalah belum banyaknya pelaku UKM menggunakan akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor apakah yang menyebabkan pelaku UKM berminat menggunakan informasi akuntansi. Faktor yang diuji meliputi faktor kemudahan dan sikap. Dari hasil pengujian dengan smartPLS menunjukkan bahwa faktor kemudahan dan sikap mempengaruhi minat menggunakan akuntansi. Pengaruh tersebut semakin besar jika dimediasi oleh sikap positip pelaku UKM terhadap akuntansi.


Keywords


mediasi, sikap, kemudahan, minat akuntansi, ukm

References


Ardhiani, L. N. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Penggunaan Quipperschool.Com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Dan Theory Of Planned Behavior (TPB) Di Sma Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Astuti, E. (2007). Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan Terhadap Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Perusahaan Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus. Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Budi, A. S. L. (2011). Perceived Usefulness as Key Stimulus to the Behavioral Intention to Use 3G Technology. Asean Marketing.

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptence of Information Technology,. MIS Quarterly.

Fishbein. (1975). Belief, Attitude, Intenttions, and Behavior; An Introduction to Theory and Research. Boston: Addison-Wisely.

Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto, H. M. (2011). Konsep dan Aplikasi Stuktural Equation Modeling Berbasis Varian Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Kompas. (2009). Laporan Keuangan UMKM Butuh Ditingkatkan, Kompas.

Lubis, A. I. (2011). Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Salemba Empat.

Novitasari, R. (2016). Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Minat Perilaku Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Oroh, C. R. (2015). The Influence of Perceived ease of use, Perceived usefulness and Trust on Repurchase Intention of Lion Air E-Ticket. Jurnal EMBA.

Priambodo, S. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik. Jurnal Ilmu Admintrasi Bisnis.

Ratnaningrum, L. P. R. A. (2013). Aplikasi Model Tam Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking Di Kota Denpasar. Magister, Universitas Udayana, Denpasar.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suhairi. (2004). Personality, Accounting Knowledge, Accounting Information Usage And Performance: A Research On Entrepreneurship Of Indonesia Medium Industries. Disertasi, USM, Malaysia.

Supriyono. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Persepsi Penggunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dengan Minat Penggunaan Sebagai Variabel Moderasi.

Taylor, S. (1995). Understanding Information Technology Usage: A Test of Competing Models. Information System Research.

Widyaningsih, R. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Implementasi E-Commerce Oleh Umkm Di Kabupaten Banyumas Berdasar Theory Of Planned Behavior.

Yudhi, W. A. (2015). Pengaruh Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking (M-Banking): Model Kombinasi Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Of Planned Behavior (TPB). Jurnal Informasi, VII.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i1.1560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :