PENGARUH PENGUNGKAPAN EMISI KARBON DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Oman Rusmana, Si Made Ngurah Purnaman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejumlah 28 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan tiap perusahaan yang diperoleh melalui Bursa Efek Indonesia dan hipotesis diuji menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan emisi karbon dan kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018.


Keywords


emisi karbon, kinerja lingkungan, nilai perusahaan

References


Barthelot, S., & Robert, A.-M. 2011. Climate Change Disclosure: An examination of Canadian Oil and Gas Firms. 5, 106-123.

Choi, Bo Bae, Doowon, Lee and Jim Psaros. 2013. An Analysis of Australian Company Carbon Emission Disclosures. Pasific Accounting Review Journal, Vol. 25.

Chu, Choi Ieng, Bikram Chatterjee and Alistair Brown. 2012. The current status of greenhouse gas reporting by Chinese companies. “Managerial Auditing Journal”, Vol. 28 Iss 2 pp. 114 – 139.

Dasgupta, S., Benoit Laplante, dan Nlandu Mamingi. 2001. Pollution and Capital Market in Developing Countries. Journal of Environmental Economic and Management , 42, pp: 310- 335

Guidry, R. P., & Patten, D. M. 2010. Market reactions to the first-time issuance of corporate sustainability reports: Evidence that quality matters. Sustainability Accounting, Management and Policy Journal, 1(1), 33-50.

Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Semarang. Penerbit UniversitasDiponegoro.

Lee, Nancy dan Kotler, Philip. 2000. Social Marketing : Influencing Behaviors for Good. SAGE Publication. P49-58

Milton, Friedman. 1970. The Social Responsibility of Business is to Increase its Profits. USA: The New York Time Company.

Olayinka, Akinlo dan Iredele Oluwamayowa. 2014. Corporate Environmental Disclosures and Market Value of a Quoted Companies in Nigeria. The Business & Management Review , 5(3): 171-184.

O’Donovan, G. 2002. Environmental Disclosures in the Annual Report: Extending the Applicability and Predictive Power of Legitimacy Theory. Accounting, Auditing and Accountability Journal 15(3): pp. 344 – 371.

Qiu, Yan, Amama Shaukat dan Rajesh Tharyan. 2014. Environmental and Social Disclosures: Link With Corporate Financial Performance. The British Accounting Review 1-15.

Saka, Chika and Tomoki Oshika. 2014. Disclosure effects, carbon emissions and Corporate value. Management and policy journal, Vol.5 No.1, 2014.

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. 2011. “Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Edisi1. Yogyakarta:ANDI Yogyakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2004 tentang Pengesahan Kyoto Protocol to the United Nations Framework Convention On Climate Change Protokol Kyoto atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i1.1563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :