PENGARUH INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN MOTIVASI AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Giovanny Bangun Kristianto, Wita Ramadhanti, Icuk Rangga Bawono

Abstract


Akuntan publik adalah pihak ketiga yang menghubungkan manajemen dengan pemegang saham. Laporan keuangan yang diaudit adalah dasar untuk membuat keputusan penting, oleh karena itu auditor dalam melaksanakan penugasan audit, dituntut untuk independen, sehingga menghasilkan kualitas audit yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh independensi auditor terhadap kualitas, kemudian pengaruh motivasi auditor terhadap kualitas audit dan mengetahui pengaruh independensi auditor terhadap kualitas audit dimoderatori oleh motivasi auditor. Teori keagenan dalam penelitian ini adalah teori dasar dalam penelitian ini, karena terdapat informasi asimetri antara agen dan kepala sekolah, sehingga diperlukan pihak ketiga, sebagai pihak yang meminimalisir asimetri tersebut. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan model Moderated Regression Analysis (MRA) dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa independensi auditor memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas audit, maka variabel motivasi auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit dan independensi auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit dengan motivasi auditor sebagai moderasi.


Keywords


kualitas audit, independensi auditor, motivasi auditor

References


Agustina, Lidya. 2009. “Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor. Penelitian Kantor Akuntan Publik yang Bermitra Dengan Kantor Akuntan Publik Big Four di Wilayah DKI Jakarta”. Universitas Kristen Maranatha. Vol.1 No.1 Mei : 40-69

Agoes, Sukrisno.2012. Auditing (Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik) Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Anwar, Saifuddin (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ardiani, Ika S. dan Wibowo, Ricky Satria. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Independensi Penampilan Akuntan Publik. Jurnal Dinamika Akuntansi. Vol. 3 No. 2, September 2011, pp. 90-100. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang. Semarang.

Ardini, Lilis.2010. Pengaruh Kompetensi, Independensi, Akuntabilitas dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit. Majalah Ekonomi. Tahun XX No 3 Desember 2010

Arens, Alvin A., & Elder, Randal J., Beasley, Mark S. 2012. Auditing and Assurances Services – An Integrated Approach. Edisi keduabelas. Prentice Hall

Aulia, Agustin. 2013. Pengaruh Pengalaman, Independensi, dan Due Proffesional Care Auditor Terhadap Kualitas Audit Laporan Keuangan Pemerintah (Studi Empiris pada BPK-RI Perwakilan Provinsi Riau. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

De Angelo, L.E. 1981. Auditor Independence, “Low Balling”, and Disclosure Regulation. Journal of Accounting and Economics 3. Agustus. P. 113-127.

Eisenhardt, Kathleem. 1989. Agency Theory: An Assesment and Review. Academy of Management Review,14.Hal 57-74.

Gavious, I. 2007. “Alternative Perspectives to deal with auditors’ agency problem”. Critical Perspectives on Accounting 18, 451-467.

Gozali, Imam. 2005. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hanjani, Andreani dan Rahardja. 2014. Pengaruh Etika Auditor, Pengalaman Auditor, Fee Audit, dan Motivasi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi pada Auditor KAP di Semarang). Diponegoro Journal Of Accounting, Volume 3, Nomor 2, Tahun 2014, Halaman 1-9

Ikatan Akuntan Publik Indonesia. 2011. Prinsip Etika Profesi Ikatan Akuntan Publik Indonesia. Jakarta: IAPI

Liana, Lie. 2009. Penggunaan MRA dengan SPSS untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal FE Universitas Stikubank, Semarang.

Maslow, Abraham H. 2010. Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali

Mulyadi & Kanaka Puradiredja. 1998. Auditing. Edisi Kelima. Buku Satu. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Murti, Galuh Tresna dan Iman Firmansyah. Pengaruh Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Aset (Akuntansi Riset), 9 (2), 2017,105-118

Pany, K dan M.J. Reckers. 1980. The Effect of Gifts, Discounts, and Client Size on Perceived Auditor Independence. The Accounting Review. Januari. p. 50-61.

Stock, James R., and Douglas M. Lambert. 2001. Strategic Logistics Management Fourth Edition. Singapore: McGraw-Hill Higher Education.

Shockley, Randolph A. 1981) Perceptions of Auditors Independence:An Imprical Analysis. The Accounting Review, vol LVI, no.4, pp. 785-800.

Sinambela, Tongam. 2019. Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Bisnis Akuntansi Unsurya. Vol. 4, No. 1, Januari 2019

Singgih, Elisha Muliani dan Bawono, Icuk Rangga.2010. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Professional Care dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi pada Auditor di KAP “ Big Four” di Indonesia). Purwokerto : Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Singgih Santoso. 2001. SPSS Versi 10 : Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Hal 193

Trisnaningsih, Sri. 2007. Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi Sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. Simposium Nasional Akuntansi X. Universitas Hasanudin Makasar.

Zulian, Ketri Saputri. 2016. Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Motivasi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi pada KAP di Surakarta dan Yogyakarta). Naskah Publikasi, Skripsi. Universitas Muhamadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i1.1564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :