TANTANGAN PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN BANYUMAS

Lina Rifda Naufalin

Abstract


Tantangan dalam usaha untuk mengembangkan UMKM merupakan hal yang harus di cari solusinya supaya UMKM dapat tumbuh dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dalam mengembangkan usahanya. Objek yang diteliti adalah UMKM di kabupaten banyumas terutama adalah UMKM kelompok Peternak sapi “Margo Mulyo” yang menghasilkan produk olahan susu. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada UMKM di Banyumas yang digambarkan melalui kata-kata. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui beberapa teknik diantaranya adalah wawancara mendalam, observasi, dan penilaian treatment yang diberikan kepada kelompok yang dianalisis dengan membandingkan dari yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan treatment. Penelitian menghasilkan beberapa temuan tantangan yang dihadapi UMKM kelompok Margo Mulyo untuk berkembang diantaranya pengelolaan organisasi kurang efektif terutama dari aspek pengelolaan sumber daya manusia, kepemimpinan tidak efektif dalam mengelola anggota kelompoknya, kurangnya komitmen anggota untuk memajukan kelompok usahanya, administrasi kelompok yang tidak rapi dan lengkap, kurangnya kemauan untuk berinovasi, dan rasa cepat puas terhadap hasil kerja.


Keywords


Pengembangan, Tantangan, UMKM, Banyumas

References


Adawiyah, Wiwiek Rabiatul.(2013).Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) : Studi di Kabupaten Banyumas. Sustainable Competitive Advantage 1(1).

Basri, H.(2014). Using Qualitative Research In Accounting and Management Studies: Not A New Agenda. Journal of US-China Public Administration, Vol. 11, No. 10, 2014.

Daft, L. Richard.( 2010). Summary Theory and Design. Ebook

Locke, Edwin A, Shelley Kirkpatrick, Jill K. Wheeler, Jodi Schneider, Kathryn Niles, Harold Goldstein, Kurt Welsh, Dong-Ok Chah (1991), The Essence of Leadership, The Four Keys to Leading Successfully, Lexington Books, New York.

Gibson, Ivancevich, Donelly. (1985). Organisasi, Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Handrimurtjahjo, Agustinus Dedy.(2014). Peran Strategic Entrepreneurship dalam Membangun Sustainable Competitive Advantage.Binus Businness review, Vol 5 No. 2,2014

Jatmika, Rahmat Taupiq Dwi Jatmika.(2016).Masalah yang dihadapi Usaha Kecil Menengah Di Indonesia.Jurnal Studi Ekonomi Syariah, Volume II Edisi 6, Juli-Desember 2016.

Maulida, Sri dan Ahmad Yunani.(2018).”Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Berbagai Aspek Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 2 No 1 hal 183.

Mohamed, Z. M., Abdul Majid, A. H., dan Ahmad, N. (2010). Tapping new possibility in accounting research, in qualitative research in accounting, Malaysian case. Kuala Lumpur: Universiti Kebangsaan Malaysia

Soliha, Euis dan Hersugondo.(2008). Kepemimpinan Yang Efektif dan Perubahan Organisasi. Jurnal Fokus Ekonomi (FE ISSN: 1412-3851), Agustus 2008, Hal 83-93

Subanar, Harimurti, (2001). Manajemen Usaha Kecil. BPFE, Yogyakarta Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOS-NOMOS. Volume 2, Nomor 1/ Januari 2009. ISSN 1979-1607. LPPEB FIS – UNG)

Sulistia Teg.,(2012) Perlindungan Hukum dan Pemberdayaan Pengusaha Kecil dalam Ekonomi Pasar Bebas, Hukum Bisnis Volume 27 Nomor 1 Tahun 2008. Bandingkan dengan Mulyadi Nitisusastro, Kewirausahaan dan Manajeemen Usaha Kecil, Cet. II Bandung: Alfabeta, hal. 40-42

Suci, Yuli Rahmini.(2017).Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, Vol. 6 No. 1 hal 52 Januari 2017.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i1.1567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :