ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI STUDI PADA INDUSTRI PERBANKAN

Riana Wulandari, Sigit Wibowo, Ary Yunanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility (CSRDI) dan kebijakan dividen (DPR) terhadap nilai perusahaan (PBV) yang dimoderasi dengan profitabilitas (ROA) pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2017. Populasi dalam sampel ini adalah sebanyak 43 perbankan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 perbankan. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan regresi data panel dan regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility (CSRDI) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV), kebijakan dividen (DPR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), profitabilitas (ROA) tidak mampu memoderasi pengaruh corporate social responsibility (CSRDI)  terhadap nilai perusahaan (PBV) dan profitabilitas (ROA) mampu memoderasi pengaruh kebijakan dividen (DPR) terhadap nilai perusahaan (PBV).


Keywords


corporate social responsibility disclosure index (CSRDI), dividend payout ratio (DPR), return on assets (ROA) dan price to book value (PBV)

References


Branco, Manuel Castelo and Lucia Lima Rodrigues. (2006). Communication of Corporate Responsibility by Portuguese Banks; A Legitimacy Theory Perspective. Corporate Communications: An International Journal. Vol. 11. No. 3, 232-248.

Brigham, Eugene F. dan Joel F Houston. (2006). Dasar - Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Bawafi, Muh Hosen, dan Adi Prasetyo. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan. Vol. 5. No. 1, 721-730.

Darmanto, Ahmad. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen, Cash Holding, Ukuran Perusahaan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Darmawan, Septian (2019) Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks Kompas 100 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Bachelors Degree (S1) Thesis, University Of Muhammadiyah Malang.

Fajriana, Ardianti dan Denies Priantinah. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Nominal. Vol. 5. No. 2.

Ghozali, Imam. (2006). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ke 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.

Hadi, Nor. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Harjito, D. A., dan Martono. (2010). Manajemen Keuangan. Ekonisia Kampus Fakulas Ekonomi UII. Yogyakarta

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kelima. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Kartini, Dwi. (2013). Corporate Social Responsibility Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung. PT Refika Aditama.

Kusumadilaga, Rimba. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Diponegoro

Kusumawati, Eny dan Zulfa Irawati. 2013. Manajemen Keuangan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mcwilliams, Abagail and Donald S Siegel. (2001). Corporate Social Responsibility: A Theory Of The Firm Perspective. Academy Of Management Review. Vol. 26. No. 1, 117-127.

Monoarfa, Rio. (2018). The Role Profitability In Mediating The Effect of Dividend Policy and Company Size On Company Value. Business And Management Studies. Vol. 4. No. 2.

Nurdizal M. Rachman, Asep Efendi dan Emir Wicaksana. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta : Penebar Swadaya.

Oktaviani, Ni Kadek Dewi dan Ida Bagus Putra Astika. (2016). Profitabilitas Dan Leverage Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 14. No. 3, 2192-2219.

Prastuti, Ni Kadek Rai dan I Gede Merta Sudiartha. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 5. No. 3, 1572-1598.

Primady, Ganang Radityo dan Sugeng Wahyudi. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Diponegoro Journal Of Management. Vol. 4. No. 3, 2337-3792.

Pristianingrum, Nurfina. (2017). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Prosiding Seminar Nasional dan Call Paper Ekonomi dan Bisnis. Jember.

Puspaningrum, Yustisia. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating. Jurnal Profita Edisi 2.

Rivai, Achmad. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Politeknik Negeri Samarinda.

Sartono, Agus. (2001). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi edisi ke 4. Yogyakarta : BPFE.

Sholekah, Febrina Wibawati dan Lintang Venusita. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Firm Size dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan High Profie yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2012. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 2. No. 3

Sudana, I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori & Praktik. Edisi 2, Erlangga, Jakarta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta : Andi.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

______________. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sutrisno. (2000). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : EKONISIA.

Ulfah, Suci Luthfia. (2014). Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Modal dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Artikel. Universitas Negeri Padang.

Widarjono, Agus. (2009). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya,Edisi Ketiga. Ekonesia. Yogyakarta.

Widyaningsih, Dewi. (2018). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen Serta Komite Audit Pada Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Moderating dan Firm Size Sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi Dan Pajak. Vol. 19. No. 1, 2579-3055.

Zarlia, Jessika dan Hasan Salim. (2014). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen. Vol. 11. No. 2, 38-55.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i2.1591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :