PEGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP SIKAP PENGGUNAAN RESEP ELEKTRONIK

Rizki Rijatullah, Agus Suroso, Lantip Rujito

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan cross sectional pada seluruh dokter di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap penggunaan resep elektronik oleh dokter di RSUD Prof. Dr. Margono Purwokerto dengan dukungan organisasi sebagai variabel mediasi. Jumlah responden dalam penelitan ini adalah 73 responden. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan cara nonprobability sampling yaitu dengan teknik random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunaan regresi linier dan uji efek mediasi menggunakan uji Sobel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa : (1) Persepsi kemanfaatan berpengaruh terhadap sikap penggunaan resep elektronik oleh dokter di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, (2) Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap sikap penggunaan resep elektronik oleh dokter di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, (3) Dukungan organisasi berpengaruh terhadap sikap penggunaan resep elektronik oleh dokter di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, (4) Dukungan organisasi memediasi antara persepsi kemanfaatan terhadap sikap penggunaan resep elektronik oleh dokter di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, (5) Dukungan organisasi memediasi antara persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap penggunaan resep elektronik oleh dokter di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto melalui dukungan.


Keywords


Persepsi kemanfaatan, Persepsi kemudahan, Sikap terhadap penggunaan, Dukungan organisasi, Resep elektronik.

References


Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Eisenberger, R., & Stinglhamber, F. 2011. Perceived organizational support: Fostering enthusiastic and productive employees. Washington, DC: American Psychological Association Books.

Igbaria, M., Saroj Parasuraman., dan Michael K. Badaway. 1994. Work Experience, Job Involvement, and Quality of Work Life Among Information Systems Personnel. MIS Quarterly, Juni, 175-201 hal.

Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Malhotra, N.K. 2009. Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tan WS, Phang JSK, Tan LK. Evaluating user satisfaction with an electronic prescription system in a primary care group. Ann Acad Med Singapore 2009;38:494-500.

Widiastuti, Margareta. 2013. Peran Resep Elektronik dalam Upaya Meningkatkan Medication Safety pada Proses Prescribing. Yogyakarta: UGM Perss.

Jurnal Ilmiah

Aldrich, Krista dan Kumar, Sameer. 2010. Overcoming Barriers to Electronic Medical Record (EMR) Implementation in the us Healthcare System: A Comparative Study. Health Informatics Journal Vol 16 (4): 306-318.

Bulut, S., Ahmet Y., Sidika, K., 2019. Evaluation of Transition to Electronic Prescriptions in Turkey: Perspective of Family Physicians. International Journal Health Policy Manag Vol 8(1), 40–48.

Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. Management Information Systems Quarterly. Vol 13(3). 319-340.

Chang, M. Y., Chuan P., Michael J. T., Liu, T. C., David C. Y. 2015. Exploring user acceptance of an e-hospital service: An empirical study in Taiwan. Journal Computer Standards & Interfaces Vol 38 hal; 35–43.

Dalbouh, H.M. 2013. A Questionnaire Approach Based On The Technolog Acceptance Model For Mobile Tracking On Patient Progress Applications, Journal of Computer Science Vol 9 (6): 763-770.

Dobrzanski B., Bartlett DW, Clough MJ, Godwin JR, Hall AA, Hamer M. 2002 Review, the Strobilurin Fungicides. Pest Management Science. Vol 58: 649-662

Eisenberger, R., Huntington, R., Hutchison, S., & Sowa, D. 1986. Perceived Organizational Support. The Journal of Applied Psychology, Vol 71(3), 500–507.

Eisenberger, R., Armeli, S., Rexwinkel, B., Lynch, P. D., & Rhoades, L. 2001. Reciprocation of Perceived Organizational Support. Journal of Personnel Psychology. Vol 86(1). 42-51.

Farida, S., Desak G. B., Krisnamurti, Rani W. K., Adisti D., Erni H. P. 2017. Implementasi Peresepan Elektronik. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Vol. 5, No. 3, Desember 2017.

Huang, W., D’Ambra, J. and Bhalla, V. 2000. An Empirical Investigation of The Adoption of E-Government in Australian Citizens: Research Finding. The Journal of Computer Information System, Vol 43 (1): 15-22.

Holroyd-Leduc, J. M., Sen, S., Bertenthal, D., Sands, L. P., Palmer, R. M., Kresevic, D. M., et al. 2011. The Relationship of Indwelling Urinary Catheters to Death, Length of Hospital Stay, Functional Decline, and Nursing Home Admission in Hospitalized Older Medical Patients. Journal of the American Geriatrics Society, Vol 55: 227–233.

Holroyd-Leduc, J. M., L. Diane, E. S. Sharon, S. Lindsay, dan Q. Hude. 2011. The impact of the electronic medical record on structure, process, and outcomes within primary care: A systematic review of the evidence. The Journal of the American Medical Informatics Association Vol 18: 732-737.

Kim Y., & Hyung S.L. 2014. Quality, Perceived Usefulness, User Satisfaction, and Intention to Use: An Empirical Study of Ubiquitous Personal Robot Service. Asian Social Science. Vol.10. No. 11. pp.1-16.

Radley, D. C. 2013. Reduction in medication errors in hospitals due to adoption of computerized provider order entry systems. The Journal of the American Medical Informatics Association Vol 20: 1-7.

Rhoades, L., & Eisenberger, R. 2002. Perceived organizational support: a review of the literature. Journal of Applied Psychology Vol 87(4), 698-714.

Tananjaya, V.A. 2012. Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Terhadap Keberhasilan Implementasi Software Akuntansi. Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol.1. No.3. pp.1-16.

Venkatesh, V. and Morris, M. G. 2000. Why Don’t Men Ever Stop do Ask Direction? Gender, Social Influence. Management Information Systems Quarterly, Vol 24 (1): 115-139.

Wayne, S.J., Shore, L.M.., & Liden, R.C. 1997. Perceived Organizational Support and Leader-Member Exchange: A Social Exchange Perspective. Journal of Management Journal, Vol 40: 82-111.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i2.1597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :