PENGARUH PEOPLE, PROCESS, DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT KERETA COMMUTER INDONESIA (KCI)
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v22i2.1598Keywords:
people, process, physical evidence, kepuasan konsumen, krl commuter lineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh people, process, dan physical evidence terhadap kepuasan konsumen pengguna transportasi KRL Commuter Line. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan transportasi KRL Commuter Line. Teknis Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan proporsional purposive sampling, jumlah responden dalam penelitian ini adalah 140 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian bahwa secara simultan menunjukkan bahwa people, process, dan physical evidence berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan secara parsial menunjukkan bahwa variable physical evidence secara signifikan paling berkontribusi dalam mempengaruhi kepuasan konsumen.
References
Badan Pusat Statistik. (2018). Jumlah Penumpang Kereta Api Menurut Wilayah (2006-Juli 2018). Jakarta (ID) : Badan Pusat Statistik.
Badan Pusat Statistik. (2019). Pertumbuhan Jumlah Penumpang Kereta Api Januari-Juli 2019. Jakarta (ID) : PT Kereta Api Indonesia dan PT. KAI Commuter Jabodetabek
Badan Pusat Statistik. (2018). Grafik Jumlah Pengunjung KRL Commuter Line 2006-2018. Jakarta (ID) : Badan Pusat Statistik
Billy Tantra, Jessica Marcelina. (2017). Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Guest House di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 5 (2).
Christianto Irawan, Michael Loekito. (2014). Analisa Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Pembelian di Folks! Coffee shop and Tea House Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 2 (1), 86-100
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kusumasitta. (2014). Relevansi Dimensi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Bagi Pengunjung Museum di Taman Mini Indonesia Indah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 7, No. 1.
Kotler, P., dan Keller, K. (2011). Manajemen Pemasaran. Indeks: Jakarta.
Lovelock, C.,dan Wright, K. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. PT INDEKS Gramedia Group: Jakarta.
Prasojo, Lanang Akbar. (2015). Kualitas Pelayanan PT. Kereta Api Indonesia Daop VIII Stasiun Gubeng (Studi pada Layanan Fasilitas Mesin Cetak Tiket Mandiri). E-Journal Universitas Negeri Semarang Vol. 3, No. 7, 1-16
Ricky Wibowo, Edwin Japarianto. (2013). Pengaruh Retail Mix Terhadap Minat Beli di Keraton Departemen Store. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1, 1-12.
Ryan N., Edwin Japarianto. (2013). Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Price, dan Place Terhadap Tingkat Kunjungan di Kafe Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2, 1-9.
Sugiyono. (2012). metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suri Amilia, Ayu Novianti. (2016). Pengaruh Buaran Pemasaran Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol. 5, No 1.
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Wijaya, Tony. (2011). Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD, dan Kano Disertasi Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. Jakarta: Indeks.
Yamit, Zulian. (2013). Manajemen Kualitas Produk & jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).