PENGARUH POTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI MAN 1 BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v22i3.1645Keywords:
Potensi diri, Lingkungan sekolah, Tingkat pendidikan orang tua, Minat, Perguruan Tinggi.Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh potensi diri, lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Banyumas. Untuk menganalisis hipotesis menggunakanan anlisis regresi linier berganda. Kesimpulannya yaitu : 1. terdapat pengaruh positif potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi; 2. terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi ; 3. tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
References
Ani-Asamoah Marbuah, D. (2016). of Parental Income and Educational Attainment on Children’s Years of Schooling: Case of Ghana.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhineka Cipta
Armelia. (2017). Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sosial Sekolah dan Potensi Diri Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Studi Kperguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Al Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal pendidikan. Pendidikan Ekonomi Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (Stkip) Pgri Sumatera Barat. (Diakses 15 Januari 2019).
Darmadi. (2013). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Daryanto. (2009). Proses Pembelajaran Kreatif&Inovatif. Jakarta: Publisher
Djali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Fera. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMKN 1 Lubuk Basung. Jurnal pendidikan. Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat.
Fiolina. (2016). Pengaruh Pendapatan dan Pendidikan Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan.
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habsari. (2005). Bimbingan & Konseling SMA kelas XI. Jakarta:Grasindo
Hadi. (2008). Pendidikan (Suatu Pengantar). Surakarta : UNS Press.
Halimah. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Jurnal pendidikan. Vol 6 No. 1.
Hartono. (2016). Pengaruh lingkungan sekolah dan konsep diri terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA/Sederajat di Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. (Diakses 15 Januari 2019).
Hasbullah. (2005). -Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Ihsan. (2005). Dasar Kependidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Indriyanti, Ninuk. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jupe UNS, Vol 1, No. 2, hal 1-10.
Khadijah, Siti. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal pendidikan Ilmu Sosial. Volume 26, Nomor 2, Desember. Lembaga pendidikan Universitas Pendidikan.
Maita. (2017). Pengaruh Potensi Diri, Motivasi Siswa, dan Pendapatan Orang Tua terhadap Minat Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Gunung Talung untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi.
Prihadhi. (2004). My Potensi. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sukmadinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Rosda.
Suliyanto. (2011). Ekoonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta : Andi.
Tu’u. (2004). Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Graasindo.
Undang- Undang No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Wilyono, Slamet. (2006). Managemen Potensi Diri. Jakarta. PT Grasindo.
Zaini, Ahmad. Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Minat Studi Lanjut Siswa Kelas XII di Ma Miftahul Huda Cendono Purwosari Kabupaten Pasuruan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).