TEORI OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP INTENSI UNTUK MEMBERI INFAQ DAN SHADAQAH MELALUI APLIKASI FINANCIAL TECHNOLOGY (GO-PAY)

Anisa Sains Kharisma, Negina Kencono Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Theory of Planned Behavior (Teori Perilaku Terencana) terhadap niat memberi infaq dan shadaqah dengan menggunakan financial technology (Go-Pay). Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan sampel penelitian sebanyak 50 Muslim yang menggunakan Go-Pay dan menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa norma subyektif dan kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh signifikan terhadap niat memberi infaq dan shadaqah.


Keywords


Teori Perilaku Terencana, Infaq, Shadaqah, Teknologi Keuangan

References


Daulay, Abdul Hafiz dan Irsyad Lubis.. (2014). Analisis Faktor-faktor Penyebab Keengganan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Instansi BAZIS/LAZ di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan.

Fatimah. (2015). Religiosity on Shopping Orientation and Behavioral Intention for Moeslem Customer. Islamic Marketing Conferences.

Jogiyanto dan Abdillah, Willy. (2009). Konsep & Aplikasi PLS (Partial least Square) Untuk penelitian Empiris. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Mardany. (2017). An Analysis of Cash Waqf Participation Among Young Intelectual. Academic Conference, Istanbul.

Nasution, Irfan dan Andi Prayogi. (2015). The Utilization of Zakah Productive Towards Micro-Business Growth and Mustahik Welfare. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Novanto, Henry Reza., Muhammad Nafik H.R. (2014). Mengapa Masyarakat Memilih Menunaikan Zakat di Masjid Dibandingkan Dengan Lembaga Zakat?. JESTT

Osman, Faiz Amirul. (2014). An Analysis of Cash Waqf. Islamic Marketing Conferences.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta : ANDI

Suliyanto, W. Novandari, Sri Murni Setyawati. (2015). Persepsi Generasi Muda Terhadap Profesi Pengrajin Batik Tulis Di Purbalingga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. XVIII No. 1. Universitas Jenderal Soedirman.

Uyun, Qurratul. (2015). Zakat Infaq Shadaqah dan Waqaf Sebagai Konfigurasi Filantropi Islam. Jurnal Islamuna.

Zikri, Sri Nirwana Sarowati., Mu’ady Yasin., Taufik Chaidir. (2017). Kemanfaatan Dana Zakat Bagi Mustahik. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i4.1766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :