DAMPAK RASIO KEUANGAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN JASA SEKTOR KONSTRUKSI YANG TERDAFTAR DI BEI

Novi Herlinasari

Abstract


Penelitian ini berjudul “Dampak Rasio Keuangan Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Jasa Sektor Konstruksi Yang Terdaftar Di Bei”. Berinvestasi melalui obligasi haruslah berhati-hati, para investor harus menghindari risiko default atau gagal bayar. Salah satu cara untuk mengindarinya adalah investor memerlukan sinyal atau informasi yang menandakan kemungkinan terjadinya risiko gagal bayar, yaitu dengan memperhatikan peringkat obligasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara rasio keuangan terhadap peringkat obligasi pada perusahaan jasa sektor konstrusi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan obligasinya di peringkati oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (PT PEFINDO) tahun 2013-2017. Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Logistik Ordinal karena variabel dependen yang digunakan berskala ordinal (peringkat). Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan terpilih sebanyak 6 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Hasil pengujian hipotesis, menyatakan bahwa variable rasio aktivitas dan profitabilitas berpengaruh secara positif terhadap peringkat obligasi. Rasio likuiditas berpengaruh negatif terhadap peringkat obligasi, sedangkan rasio solvabilitas tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi.


Keywords


Peringkat obligasi, likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas

References


Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11 Buku 1. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto dari Fundamentals of Financial Management. Jakarta: Salemba Empat.

Caesario, E. B. (2018, Februari 12). SURAT UTANG KORPORASI: Waspadai Obligasi Sektor Konstruksi. Retrieved Oktober 08, 2018, from Market Bisnis: http://market.bisnis.com

Dwi Winardi, R. (2013). Faktor Akuntansi dan Non Akuntansi yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi.

Fahmi, Irham. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Febriani, A. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Dan Audit Tenure Terhadap Peringkat Obligasi.

Fitria, M.R. & Paulus, S. K. Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Return on Asset Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015

Hani, Syafrida. (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: UMSU Press.

Harahap, S. S. (2011). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada Pers.

Kasmir. (2013), Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kustiyaningrum, D., Nuraina, E., & Wijaya, A. L. (2016). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, dan Umur Obligasi terhadap Peringkat Obligasi (Studi pada Perusahaan Terbuka yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 5(1), 25-40.

Kurniawan, Dian Wahyu. (2016). Kemampuan Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Peringkat Obligasi Perusahaan Non Jasa Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Latiffah Rukmana, R. (2016). Pengaruh Rasio Keuangan Dan Ukuran Perusahaan (Size) Terhadap Peringkat Obligasi Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015.

Mahfudhoh, R. U. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi

Munawir, S. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Oktaviyani, R. D. (2013). Pengaruh Manajemen Laba, Rasio Keuangan dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Peringkat Obligasi

Partha, M. B., & Yasa, G. W. (2016). Kemampuan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Sektor Non Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 1913-1941.

Safitri, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Susanto, A. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Non Keuangan Tahun 2011-2013




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i4.1768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :