PERAN MOTIVASI BELAJAR PADA HUBUNGAN ANTARA FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR

Tyas Azmi Deviyanti

Abstract


Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor eksternal yaitu fasilitas belajar, kompetensi guru dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik, serta menganalisis pengaruh ketiga faktor eksternal tersebut terhadap hasil belajar peserta didik baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan faktor mediasi berupa motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK se-Kecamatan Bumiayu dengan jumlah responden sebanyak 120 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dan analisis data dengan analisis jalur melalui model regresi linear menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara semua faktor eksternal terhadap motivasi belajar; terdapat pengaruh positif antara fasilitas belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar; namun, tidak terdapat pengaruh antara kompetensi guru terhadap hasil belajar; terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar; dan motivasi belajar secara signifikan berpengaruh positif dalam memediasi hubungan ketiga faktor eksternal terhadap hasil belajar.


References


Amah, Nik. (2015). Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan Lingkungan Sosial sebagai Pemoderasi. Journal of Accounting and Business Education.

Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bafadal, Ibrahim. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi dan Mohammad Arifin. (2014). Instrumens Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darojah, Nur Rofiah. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1, 109-118.

Dewi, Embuni. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (JOM FKIP UNRI).

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ellyana, Veronika. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Kristen 1 Surakarta. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2.

Ghozali, Imam. (2009). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: UNDIP.

Gie, The Liang. (2002). Administrasi Perkantoran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Hartono. (2010). Statistik untuk penelitiaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamil, Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Janawi. (2011). Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Koriaty, Sri. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Jurusan TKJ Sekota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6.

Kunandar. (2010). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Kurniawan, Rizal. (2012). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 3.

Minarti, Sri. (2011). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhroji. (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Novalinda, Eri. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 11.

Novauli, Feralys. (2012). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 6, 17-32.

Nurmala, Desy Ayu. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4.

Prasetyo, Arif Nur. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Disiplin Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 4.

Putri, Wakhidati Nurrohmah. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Journal of Arabic Education and Literature, 1, 1-16.

Riduwan dan Sunarto. (2017). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi. Bandung: Alfabeta.

Rifa’i, Achmad., dan Catharina Tri Anni. (2012). Psikologis Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rofa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Sadiman, Arief., Dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Satrianawati. (2017). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sholekhah, Ika Maratus. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa. Economic Education Analysis Journal, 3.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan- Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Supardi. (2016). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Surya, Mohammad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Putra.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutardi (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3, 188-198.

Tirtiana, Chandra Putri. (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening). Economic Education Analysis Journal, 2.

Uno, Hamzah B. (2007). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Usman, Moh. Uzer. (2011). Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyuningrum, Kartika. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Dabin IV Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo.

Winkel, WS. (2000). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Yuliani, Prastiwi. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Ma Al-Asror Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3.

Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i4.1769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :