KONSEPTUAL BREAK EVEN POINT (BEP) LINIER DAN NON-LINIER SEBAGAI PERENCANAAN LABA PERUSAHAAN

Telma Anis Safitri, Katon Muhammad

Abstract


Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai konsep dari penghitungan Break Even Point (BEP). Dalam memperoleh suatu informasi mengenai seberapa besar penjualan yang dicapai oleh perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan dan tidak mengalami suatu kerugian, maka perusahaan harus melakukan proses perencanaan penjualan. Salah satu cara untuk mengelola dan mengatur hal tersebut adalah dengan menggunakan Break Even Point (BEP) atau titik impas sebagai analisis tentang titik yang harus dicapai dalam penjualan agar Total Revenue (TR) sama dengan Total Cost (TC). Fungsi biaya pendapatan dan fungsi biaya penjualan nyatanya tidak selalu dalam bentuk model matematika yang sederhana (linier), terkadang fungsi-fungsi tersebut berbentuk model matematika yang kompleks (non linier).

Maka dari itu, artikel ini akan membahas mengenai konsep dari BEP dengan metode persamaan serta grafis dari BEP linier dan kurva non-linier. Data yang digunakan dalam menghitung BEP diperlukan sebuah data mengenai biaya variable, biaya tetap, Harga jual, dan juga kapasitas maksimum. Kajian yang digunakan dalam artikel  ini menggunakan kajian pustaka (Library Research).  Analisa data menggunakan metode deskriptif , yaitu menjelaskan atau mendeskripsikan asal mula  didapatkannya rumus BEP linier dan juga BEP nonlinier. Hasil penelitian  ini adalah: Analisis Break Even Point (BEP) Linier memberikan solusi BEP dengan satu titik, sedangkan untuk nonlinier menghasilkan dua titik BEP. Hal ini  dapat membantu manajemen perusahaan untuk memberikan informasi  terkait dasar perencanaan keuntungan.


Keywords


Break Even Point (BEP), Break Even Point Linier, Break Even Point Non-Linier

References


Bahauddin, A., & Izzati, L. R. Penggunaan Metode Newton dengan Matlab Pada Penyelesaian Masalah Nonlinear Break Even Point.

Caplan, B. (1958). A Simplified Formula for Break-Even Points. The Engineering Economist, 3(4), 55-58.

Henry Simamora, Akuntansi Manajemen. (Jakarta: Star Gate Publisher, 2012) h. 171

Kampf, R., Majerčák, P., & Švagr, P. (2016). Application of break-even point analysis. NAŠE MORE: znanstveni časopis za more i pomorstvo, 63(3 Special Issue), 126-128.

Lesure, J. D. (1983). Break-even analysis—a useful management tool in the lodging industry. International Journal of Hospitality Management, 2(3), 115-120.

Maruta, H. (2018). Analisis Break Even Point (BEP) Sebagai Dasar Perencanaan Laba Bagi Manajemen. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 2(1), 9-28.

Pangemanan, J. T. (2016). Analisis perencanaan laba perusahaan dengan penerapan break even point pada PT. Kharisma Sentosa Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Rustami, P., Kirya, I. K., & Cipta, W. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya promosi, Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. Jurnal Manajemen Indonesia, 2(1).

Savitri, H. A. D. (2020). Analisis Perencanaan Laba Dengan Metode Break Event Point Pada Home Industri Ice Cream Diamond Di Desa Semampir Kabupaten Sidoarjo. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 227-234

Tsorakidis, N., Papadoulos, S., Zerres, M., & Zerres, C. (2011). Break-even analysis. Bookboon.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i2.1839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :