PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DALAM LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN NON-JASA YANG TERDAFTAR DI BEI

Annisa Ilma Hartikasari, Eko Hariyanto

Abstract


pengungkapan lingkungan” (studi kasus pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, pencatatan bursa dan kinerja lingkungan yang diukur dengan peringkat lingkungan perusahaan yang diberikan oleh Bapedal melalui program yang disebut PROPER terhadap pengungkapan lingkungan. Hipotesisnya adalah bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, pencatatan bursa, dan kinerja lingkungan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan lingkungan.

Jenis penelitian ini adalah studi kasus pada perusahaan non keuangan yang listing di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan 66 dari 162 perusahaan non keuangan yang terdaftar sebagai sampel penelitian. Untuk menganalisisnya digunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan lingkungan, tetapi ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pencatatan bursa tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan.


Keywords


pengungkapan lingkungan, ukuran perusahaan, profitabilitas, bursa saham, pencatatan dan kinerja lingkungan.

References


Anggraini, Fr. Reni Retno. 2016. Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Study Empiris pada Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX.

Bhuono Agung Nugraha. 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Edisi Pertama, C.V. ANDI, Yogyakarta.

Fitriany. 2001. Signifikansi Perbedaan Tingkat Kelengkapan Pengungkapan Wajib dan Sukarela pada Laporan Keuangan Perusahaan Publik yang Terdaftar di BEJ. Simposium Nasional Akuntansi IV.

Hackston David dan Markus J. Milne. 2016. Some Deterninants of social and Environmental Disclosure in New Zealand Companies. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 9 No. 1 2016.

Henny dan Murtanto. 2011. Analisis Pengungkapan Sosial pada Laporan Tahunan. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi, Vol. 1 No. 2, Agustus 2001.

Marwata. 2001. Hubungan antara Karakteristik Perusahaan dan Kualitas Ungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan Perusahaan Publik di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi IV.

Sembiring Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung jawab Sosial. Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Suparmoko, M dan Maria R. Suparmoko. 2010, Ekonomika Lingkungan. Cetakan ketiga, BPFE, Yogyakarta.

Suratno Ignatius Bondan dan Darsono. 2016. Pengaruh Environmental Performance terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance. Simposium Nasional Akuntansi IX.

Susi. 2005. The Relationship Between Environmental Performance and Financial Performance Amongst Indonesian Companies. Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Yuniati Gunawan. 2011. Analisa Tingkat Pengungkapan Laporan Tahunan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi, Vol. 1 No. 2, April 2011.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i2.1845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :