VALUASI EKONOMI POTENSI HILANGNYA PENDAPATAN PEMILIK KAMAR SEWA AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN GRENDENG, KECAMATAN PURWOKERTO UTARA

Dwita Aprillia Floresti, Rusmusi Rusmusi, Goro Binardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu besarnya nilai potensi pendapatan yang hilang karena diterapkannya PSBB selama pandemi Covid-19 di Kabupeten Banyumas. Dasar teori yang digunakanan dalam penelitian ini adalah teori valuasi lingkungan dengan metode valuasi ekonomi atas dasar penggunaan. Seluruh Populasi pada penelitian ini dihitung menggunakan metode sensus. Responden pada penelitian ini adalah seluruh pemilik rumah sewa yang berada di Kelurahan Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas.  Hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah usaha kamar kos di kelurahan Grendeng secara keseluruhan berjumlah 500 pengusaha kamar kos dengan jumlah kamar yang ditawarkan untuk penyewaan kamar kos sebanyak 5890. Adanya pandemic Covid-19 yang masuk ke kabupaten Banyumas membuat seluruh aktifitas perkuliahan dilakukan secara daring dari kediaman atau rumah masing-masing. Hal tersebut berdampak pada permintaan kamar kos menurun secara signifikan pada usaha kamar kos yang berada di Kelurahan Grendeng. Jumlah kamar yang kosong hingga saat ini yaitu sebanyak 3350. Jumlah tersebut lebih dari 50 persen jumlah kamar yang ditawarkan untuk di sewa. Hal ini menyebabkan tidak hanya pendapatan pengusah kamar kos yang menurun, namun menyebabkan perekonomian yang berada di Kelurahan Grendeng menjadi lambat, seperti banyak usaha makanan, laudry, toko-toko kecil yang menutup usahanya sementara hingga Kelurahan Grendeng mulai ramai lagi oleh kegiatan mahasiswa.


Keywords


Covid-19, Valuasi Ekonomi, Kamar Sewa

References


Bachrudin Sjaroni, Noveria, & Edi. (2019). Ekonomi Mikro. Sleman: CV Budi Utama.

Dwiastuti, R. (2018). Metode Penelitian. Malang: UB Press.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup. (2007). Panduan Valuasi Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Jakarta: Kementrian Negara Lingkungan Hidup.

Nugroho, S. (2008). Dasar-Dasar Metode Statistika. Jakarta: Grasindo.

Organization, W. H. (n.d.). WHO. Retrieved from https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1

Suandy, E. (2007). Perencanaan Pajak. Jakarta: Selemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i3.2861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :