PERAN MODAL SOSIAL BAGI PENGUSAHA MEBEL DI DESA BONDANSARI KEC. WIRADESA KAB. PEKALONGAN

Baitu Liza, Nur Aisyah Aprilia, Nihayatun Nafisah

Abstract


Sejak akhir abad ke 20 telah terjadi perkembangan pesat dalam pemikiran dan penelitian modal sosial. Bagaimanapun, perkembangan tersebut tetap saja meninggalkan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan peran modal sosial dalam kesejahteraan rumah tangga dan pembangunan wilayah. Premis dasar penelitian ini bahwa modal sosial adalah faktor produktif yang memberikan manfaat bagi setiap individu yang mampu membangun hubungan dengan individu lain. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Tentang Peran Modal Sosial. (2) Untuk Mengetahui Jaringan Dalam Peran Modal Sosial. (3) Untuk Mengetahui Kepercayaan Dalam Peran Modal Sosial.


Keywords


Modal Sosial, Jaringan, Kepercayaan.

References


Chalid, Pheni. 2012. Peranan Modal Sosial Dalam Kegiatan Ekonomi. Signifikan Vol.1 No.1.

Haridison, Anyualatha. 2017. Modal Sosial Dalam Pembangunan. Palangkaraya.

Istiharoh, Mirsa.2016. Peran Modal Sosial Pada Masyarakat Industri Rumahan Kerajinan Bandol di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwarum Kabupaten Tegal. SKRIPSI UNNES.

Putri, Maslekah Pratama. 2015. Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Sosialisasi Pemilu Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilu Presiden 2014 di Kalimantan Timur. Ejournal Ilmu Komunikasi 4 (1).

Ratnamulyani, Ike Atikah dan Maksudi, Beddy Iriawan. 2018. Peran Media Sosial Dalam Peningkatan PartisipHarobuasi Pemilih Pemula Di Kalangan Pelajar di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora 20 (2).

Suhardini, Eni Dasuki. Peran dan Fungsi Pasar Modal Dalam Pembangunan Perekonomian Indonesia. Fakultas Hukum Universitas Langlabuana. Supriyati, Ninik. Peran Modal Sosial Dalam Organisasi. http://bdksurabayakemenag.id/p3/data/uploaded/dokumen/PERAN%20MODAL%20SOSIAL%20DALAM%20ORGANISASI.pdf.

Supono, Boedyo. 2011. Perananan Modal Sosial Dalam Implementasi Manajemen dan Bisnis. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 11 (1).

Suprojo, Ferdi Harobu Ubi Laru Agung. 2019. Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 8 (4) Jisip.

Widyawan Yosef Galih. 2020. Analisis Modal Sosial: Peran kepercayaan, jaringan, dan norma terhadap inovasi UMKM Batik. SKRIPSI Universitas Sanata Dharma.Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i3.2863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :