MENGUNGKAP MAKNA PENGELOLAAN KEUANGAN UNTUK KELANGSUNGAN USAHA ONLINE SHOP MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Ainurfirza Dwi Alvianti, Sulis Rochayatun

Abstract


Penjualan melalui internet atau secara online pada tahun 2020 pertumbuhan nya mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebanyak 78% menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Karena memiliki berbagai kemudahan, banyak masyarakat tak terkecuali para mahasiswa memanfaatkan media sosial untuk menjalankan bisnis secara online (online shop). Namun, untuk mempertahankan suatu bisnis hingga jangka panjang maka perlunya melakukan praktik pengelolaan keuangan yang baik agar bisnis tersebut dapat terhindar dari kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan dipraktikkan oleh mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai pemilik bisnis online shop dan bagaimana keberlangsungan usaha ditinjau dari pengelolaan keuangan tersebut.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Data yang diperoleh dalam peneltian ini melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi fenomenologis dan sintetis esensi makna. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan telah di praktikkan oleh para pemilik online shop dengan melakukan perencanaan, pencatatan, pelaporan serta pengendalian. Pengelolaan keuangan bagi keberlangsungan usaha dimaknai berdasarkan fungsi dan manfaat yang diperoleh dari pengalaman para pemilik online shop sebagai pemenuhan informasi internal yang digunakan sesuai kebutuhan serta kemampuan pengguna nya.


Keywords


Pengelolaan Keuangan, Online Shop, Kelangsungan Usaha

References


Al-Qur’an al-Karim dan Terjemahan

Auken, V. &. (1993). A Factor Analytic Study of The Preceived Causes of Small Business Failure. Journal of Small Business Management. Vol. 31.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. In F. S. Mishkin, The Economics of Money, Banking and Financial Markets. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.

Layyinaturrobaniyah, & Muizu. (2017). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro di Desa Purwadadi Barat dan Pasir Bungur Kabupaten Subang. Pekbis Jurnal, 9 (2), Juli, 92 .

Moleong, J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Prasetio, A. (2012). Buku Pintar Pemrograman Web. Jakarta: Mediakita.

Purba, D. S., & dkk. (2021). Manajemen Keuangan UMKM. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Shaferi, I., & Handayani, S. R. (2014). Identifikasi Pengelolaan Keuangan terhadap Peluang Usaha Online. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Siregar, R., & dkk. (2020). Manajemen Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sundjaja, I. (2003). Manajemen Keuangan. Jakarta: Literata Lintas Media.

Wicaksono, Y. (2008). Membangun Bisnis Online dengan Mambo. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Winerungan, R. (2020). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pengelolaan Keuangan Sederhana untuk Usaha Kecil di Kelurahan Wane Kota Manado. Jurnal Abdimas 12 (2) Agustus.

Yusuf, M. d. (2012). 1 Jam Membuat Toko Online dengan Joomla-Virtuemart. Yogyakarta: Expert.

Zadjuli, S. I. (2004). Etika Sebagai Landasan Moral Pembangunan Ekonomi di Indonesia. Jurnal UNISIA UII Yogyakarta.

Zimmerer, & dkk. (2009). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management, 5th ed. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i3.2865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :