PENGEMBANGAN PENILAIAN AFEKTIF MELALUI GOOGLE FORM PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SELAMA PANDEMI COVID19

Haryadi Haryadi, Fahmi Rizky Ferdiansyah

Abstract


Sebagai tolak ukur untuk mengetahui besarnya keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan evaluasi. Evaluasi merupakan bagian dari proses pembelajaran yang harus dilakukan secara menyeluruh, berkala, dan berkesinambungan. Penilaian pada kurikulum 2013 menggunakan penilaian otentik, dimana penilaian dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses dan keluaran(output) pembelajaran yang meliputi ranah sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Akan tetapi, pembelajaran daring cenderung menjadikan guru lebih menitikberatkan pada ketercapaian materi, sehingga penilaian yang dilakukan lebih dititikberatkan pada aspek kognitif dan psikomotorik dan cenderung mengabaikan penilaian aspek sikap. Tujuan peneliti mengembangan instrumen penilaian ini adalah mendeskripsikan cara mengembangkan instrumen penilaian afektif berbasis Google Form untuk mengukur tanggungjawab siswa dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dimana jenis penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Jenis penelitian dan pengembangan ini mengacu pada Model Sugiyono. Hasil pengembangan instrumen penilaian afektif berbasis google form untuk mengukur tanggungjawab siswa ini layak digunakan dengan hasil kelayakan dari ahli psikologi dan bahasa 98%, kalayakan butir pernyataan dari ahli psikologi dan bahasa 92%, dan guru mata pelajaran 95%.


Keywords


Penilaian Afektif, Google Form, Tanggungjawab

References


Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008. Rancangan Penilaian Hasil Belajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA

Elis, R. dan A. Rusdiana. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Hilmi, M. dan Moh. Khoeron. 2015. Ikhlas Beramal. Jakarta Pusat: Kementerian Agama RI.

Krathwohl, D. R. 2002. A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory intoPractice, 41(4), 212-218.

M. Ainin, dkk.. 2006. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nahar, Novi Irwan. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ). ISSN 2541-657X

Rokeach, M. 1968. Beliefs, Attitudes and Values. San Francisco : Jossey Bass.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i3.2866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :