PENGEMBANGAN PENILAIAN AFEKTIF MELALUI GOOGLE FORM PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SELAMA PANDEMI COVID19
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v23i3.2866Keywords:
Penilaian Afektif, Google Form, TanggungjawabAbstract
Sebagai tolak ukur untuk mengetahui besarnya keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan evaluasi. Evaluasi merupakan bagian dari proses pembelajaran yang harus dilakukan secara menyeluruh, berkala, dan berkesinambungan. Penilaian pada kurikulum 2013 menggunakan penilaian otentik, dimana penilaian dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses dan keluaran(output) pembelajaran yang meliputi ranah sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Akan tetapi, pembelajaran daring cenderung menjadikan guru lebih menitikberatkan pada ketercapaian materi, sehingga penilaian yang dilakukan lebih dititikberatkan pada aspek kognitif dan psikomotorik dan cenderung mengabaikan penilaian aspek sikap. Tujuan peneliti mengembangan instrumen penilaian ini adalah mendeskripsikan cara mengembangkan instrumen penilaian afektif berbasis Google Form untuk mengukur tanggungjawab siswa dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dimana jenis penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Jenis penelitian dan pengembangan ini mengacu pada Model Sugiyono. Hasil pengembangan instrumen penilaian afektif berbasis google form untuk mengukur tanggungjawab siswa ini layak digunakan dengan hasil kelayakan dari ahli psikologi dan bahasa 98%, kalayakan butir pernyataan dari ahli psikologi dan bahasa 92%, dan guru mata pelajaran 95%.
References
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2008. Rancangan Penilaian Hasil Belajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA
Elis, R. dan A. Rusdiana. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Hilmi, M. dan Moh. Khoeron. 2015. Ikhlas Beramal. Jakarta Pusat: Kementerian Agama RI.
Krathwohl, D. R. 2002. A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory intoPractice, 41(4), 212-218.
M. Ainin, dkk.. 2006. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nahar, Novi Irwan. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ). ISSN 2541-657X
Rokeach, M. 1968. Beliefs, Attitudes and Values. San Francisco : Jossey Bass.
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).