KOMPARASI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP BPJS DAN NON BPJS PADA MASA PANDEMI DI RSUD PURBALINGGA
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v23i4.2875Keywords:
Komparasi, Kepuasan, Pasien.Abstract
Penelitian ini merupakan survei pada pasien BPJS dan pasien Non BPJS rawat inap dari RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah… Populasi dari penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang sedang mendapatkan perawatan di RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dengan status sebagai pasien BPJS maupun pasien Non BPJS dengan rata-rata kunjungan setiap bulan sebesar 1123 pasien, yaitu pasien BPJS 584 pasien dan non BPJS 539 pasien. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan Uji Independent T Test Variabel Kepuasan Pasien, diketahui hasil signifikansi dari uji independent t-test variabel kepuasan yaitu sebesar 0,012. Hasil 0,012 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara kepuasan pasien BPJS dengan pasien non BPJS. Kepuasan pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan di Rumah Sakit Goeteng lebih rendah dibanding dengan kepuasan pasien Non BPJS dengan dimensi responsiveness memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap kepuasan pasien dilihat berdasarkan nilai t hitung sebesar 8,046 dimana ini lebih besar dibandingkan dengan nilai t hitung variabel yang lainnya.
References
Abdillah, W. dan Hartono, J. (2015) . Partial Least Square (PLS): Alternative Structural Equation Modelling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Indonesia: Klasifikasi dan perizinan rumah sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kuncoro, dan Wibowo, D. B. (2018). Tantangan pertumbuhan industri pelayanan kesehatan di Indonesia. Diakses pada 18 November 2020, dari https://www.cekindo.com/id/blog/tantangan-terbesar-pasar-kesehatan-indonesia
Biro Riset BUMN Center LM FEUI. (2012). Analisis potensi layanan kesehatan Indonesia. Depok: LMFE Universitas Indonesia.
Tjiptono, F. (2012). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Saleh, Z. (2012). Pengaruh ronde keperawatan terhadap kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Indonesia, Depok, Indonesia
Nahla, A. P. (2017). Faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Pelamonia Kota Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Hasanuddin Makassar, Makasar, Indonesia
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).