PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PENYIMPANGAN PERILAKU PADA SISWA ANGGOTA KOMUNITAS PUNK DI SMP PGRI 1 CILONGOK

Susi Aziz Rostikowati, Wiwiek Rabiatul Adawiyah, Rio Dhani Laksana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan metode action research, yang didasarkan pada fenomena yang terjadi di SMP PGRI 1 Cilongok. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi penyimpangan perilaku pada siswa anggota komunitas punk di SMP PGRI 1 Cilongok dengan penerapan teknik self management dimana dicari faktor pemicu terjadinya penyimpangan perilaku, bentuk penyimpangan yang khas pada anggota komunitas punk di tempat tersebut, kemudian dilihat proses penerapan teknik self management dan perubahan perilaku yang terjadi pada siswa anggota komunitas punk setelah menggunakan teknik tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Sumber data yang diambil adalah sumber data primer dari subjek penelitian langsung dan sumber data sekunder yang berasal dari dokumen sekolah. Penentuan 4 subjek penelitian menggunakan purposive sampling dimana subjek merupakan siswa yang mengikuti anggota komunitas punk dan memiliki tingkat penyimpangan perilaku tertinggi. Penelitian ini menggunakan teknik self management dengan konseling individu. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman. Dan validasi data dengan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan hasil yang baik dimana faktor pemicu penyimpangan perilaku yang mereka lakukan berasal dari dalam dan luar diri mereka, dimana komunitas punk adalah factor luar yang kuat sebagai pemicu perbuatan menyimpang mereka. Terlihat bentuk-bentuk penyimpangan perilaku yang khas pada siswa anggota komunitas punk. Dari keempat subjek pada akhir treatment dengan teknik self management  mengalami penurunan penyimpangan perilaku yang di tandai dengan turunnya point penyimpangan perilaku dan frekuensi penyimpangan yang mereka lakukan, terlihat juga indicator perubahan sikap, cara berpakaian, kontrol diri yang membaik, adanya motivasi belajar yang bagus dan mereka keluar dari komunitas punk. Perubahan perilaku sesuai target sudah banyak terpenuhi namun masih ada kebiasaan merokok yang belum bisa dihentikan dikarenakan lingkungan mereka dan keluarga yang perokok juga. Dan subjek masih perlu pemantauan, motivasi, perhatian agar efek dari teknik self management bisa bertahan lama. Dan diharapkan kerjasama semua pihak untuk menanggulangi penyimpangan perilaku pada siswa terutama siswa anggota komunitas punk.


Keywords


Penyimpangan Perilaku, Komunitas Punk, Teknik Self management

References


Ajzen, I. 1988. Attitudes, traits, and actions: Dispositional prediction of behevior In L. Berkowitz (Ed), Advances in experimental social psychology, New York: Academic Press, Vol. 20, pp. 1-63.

Ajzen, I. 2002, “Constructing a TPB questionnaire: conceptual and methodological considerations”, avaibleat:wwwunix.oit.umass.edu/,aizen/pdf/tpb.measurement.pdf (acceded 9 June 2004).

Alika, I and Egbochuku, E. 2009. Drop Out from School among girls in state : Impication for Conseling. Edo. Journal of Counseling Vol. 2 No. 2, 2009.

Ari wibowo Prijaksono, Roy Sembel. 2003. Self management Series. Jakarta : PT. Elek Media Komputindo.

A. Wawan dan Dewi M. 2016. Teori dan Pengukuran, Sikap: Dan Perilaku. Yogyakarta

Baron, RA. & Byrne. D. 2005. Psikologi Sosial Jilid 2 Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.

Cornier, LJ & Cornier L.S.1989. Interviewing For Helpers. 2nd Edition. California. Brooks/Cole Publishing Company.

Dimas Seti Aditya. 2011. Waspadai Penyimpangan Sosial pada Remaja. Jakarta : Nobel Edu Media.

Eka, Saputri. 2016. Komunikasi antar budaya “Komunitas Anak Punk. Kuala Tungkal KPI. STIA Islam.

Elisabet Hurlock. 2006. Hurlock., Elisabeth B. 2006 Psikologi Perkembangan. Jakarta, Erlangga.

Faiqotul Isnaini, dkk. 2015. Strategi Self management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 16 No. 2 Agustus 2015 : 33 – 42

Fauzan, Lutfi. 1992. Modul Rancangan Konseling Individual. Malang : Depdikbud IKIP Malang.

Gunarsa, Singgih, 1996. Psikologi Remaja. PT. BPK. Gunung Mulia, Jakarta. Gunarsa

http://id.wilkipedia.org/wiki/anarki

Hamzah. B. Uno. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara. Hasbulloh. 2009. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Elisabeth B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Josep A de Vito. 2016. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta. Profesional Book.

Junierissa M, Jurnal Cahaya Pendidikan, 2(2) : 127 - 136 Desember 2016 ISSN :1460 – 4747 127 Studi Case Study Community Child Punk In The Region X City Batam

Jockie Siahaan. 2009. Perilaku Menyimpang. Jakarta, PT. Indeks.

Khuzaiyah, Siti 2015. The Screet of Teen. Guide Book for teen : Mengatasi Masa Pubertas, Yogyakarta : Andi Offset.

Latipun. 2011. Psycologi Conseling. Malang : UMM Press.

M. Amirul F, dkk. 2021. Analisis penyebab terjadinya anak Punk (Studi Kasus Kelurahan Purwodadi Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara Kota Bengkulu). Universitas Bengkulu. Bengkulu

Madzuki Asbari dkk.2020. Bekerja sambal kuliah dalam Perspektif Self management Studi Etnografi pada Karyawan Etnis Jawa di Kota Seribu Industri Tangerang Jurnal Edumaspul Jurnal Pendidikan. Vol. 4 No. 1 (2000).

Marshall, G. 2005. Skinhead Nation Truth about The Sjinhead Cult. London : Dunnon. Miles, Matthew B. & A.Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press

Noto Admojo, S. 2003. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Pendidikan kesehatan.

Yogyakarta : PT Andi Offset.

Nurzaakiyah Siti dan Nandang Budiman, 2015. Teknik Self management Dalam Mereduksi Body Dymsmorphic Disorder. UPI. Bandung.

Nurdjana, Alamri. 2015. Layanan Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Self management untuk mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi pada siswa kelas X SMA (Gebog tahun ajaran 2014/ 2015). Jurnalkonseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 1 Tahun 2015 ISSN 2460 – 1187.

Purwanti, Ninik. 2011. Pengaruh Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self management ) terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri 2 Sidoarjo. Surabaya JPPB FIP Unesa.

Purnama dkk. 2012. Efektifitas Konseling Behavioral Teknik Latihan Asertif untuk Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa Kelas X SMA Laboratorium UNDIKSHA. Singaraja. FIP. UP Ganesha.

Ramadhan, Muhammad Fakhran al. (2016) Punk’s Not Dead : Kajian Bentukan Baru Budaya Punk Di Indonesia. Makna : Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa dan Budaya. 1 (1). 54 – 63.

Raymond, M.G, 2008. Behaviour Modivication : Principles and Prosedures. Univercity Of South Florida.

Soekanto, S. 2005. Remaja Dalam Angka. Diakses dari http://www.ugm.ac.id

Sudarmi, Su`ud 2011. Remaja dan Perilaku menyimpang (Studi Kasus Pada Masyarakat Boepinang, Bombana). Selami IPS edisi No. 34. Vol.1.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sunarto, Kamanto. 1993. Pengantar Sosiologi. Jakarta. Lembaga Penerbit FE-UI.

Titasari, R (2017) Penerapan Teknik Self management dalam mengurangi Perilaku Indisipliner Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pejawaran. Unsoed.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada.

Watson, D. R., & Tharp, R, G, 2001. Self -directed behaviour (8th-ed.) Monterey, CA : Brooks/ Cole, (15)

Widianingsih, Retno dan Widyarini. 2009. Dukungan Orang Tua dan Penyelesaian Diri Remaja Mantan Pengguna Narkoba. Jurnal Psikologi Vol. 3 No. 1. Desember 2009

Widia, G. 2010. Punk Ideologi Yang Di Salah Pahami. Yogyakarta : Garasi House Of Book.

Willis S. Sofyan.2007. Konseling Individual Teori dan Praktek Bandung : CV Alfabeta.

Yusuf, Samsu, L.N. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i4.2880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :