PENGARUH E-SECURITY, E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP REPURCHAS INTENTION DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN MARKETPLACE DI INDONESIA

Lukito Surya Wijayanti, Sri Murni Setyawati, Rahab Rahab

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis pengaruh e-security, e-service quality dan e-trust terhadap repurchase intention yang dimediasi oleh satisfaction pada konsumen marketplace di Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian konsumen marketplace di Indonesia. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan cara nonprobability sampling, yaitu dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui Google Form kepada responden. Untuk menguji hipotesis yang diajukan pada penelitian teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan SEM (Structual Equation Models). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keamanan elektronik, kualitas pelayanan elektronik, kepercayaan elektronik berpengaruh terhadap kepuasan elektronik. Kepuasan elektronik, kepercayaan elektronik, keamanan elektronik berpengaruh terhadap niat beli ulang, namun kualitas pelayanan elektronik tidak berpengaruh terhadap niat beli ulang. Kepuasan elektronik tidak memediasi pengaruh keamanan elektronik terhadap niat beli ulang, kepuasan elektronik memediasi pengaruh kualitas pelayanan elektrobik terhadap niat beli ulang, dan kepuasan elektronik memediasi pengaruh kepercayaan elektrobik terhadap niat beli ulang.


Keywords


E-Security, E-Service Quality, E-Trust

References


Abid, Muhammad dan Dinalestari. 2019. Pengaruh Keamanan elektronik dan Kualitas pelayanan elektronik Terhadap E-Niat beli ulang Dengan Kepuasan elektronik Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Bisnis elektronik Lazada di Fisip Undip. DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 2019, Hal. 1-8.

Adixio, Riko Firmawan dan Laila Saleh. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai yang Dirasakan Terhadap Niat Pembelian Ulang Melalui Mediasi Kepuasan Pelanggan Restoran Solaria Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3 (2), hal. 151-164.

Agag, JR. 2019. Pengaruh BPSE (Buyers Perceptions of Supplier Ethics) Variabel Z: Relationship Quality (Trust, Satisfaction) terhadap Niat Beli Ulang dan Loyalitas. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 7 No, 1, hal. 34-46.

Anwar, Resa Nurlaela dan Aulia Afifah. 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Daring (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen . Vol.9, No.1. hlm. 46-57.

Assegaff, Setiawan. 2015. Pengaruh Trust (Kepercayaan) dan Daring Shopping Experiences (Pengalaman Berbelanja Daring) terhadap Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Daring: Prespektif Konsumen di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13 (3), hal. 463-473.

Corritore, C. L., Kracherand, K., & Wiedenbeck, S. 2003. On-line trust : Concepts, evolving themes, a model. International Journal of Human-Computer Studies, 58(6), 737-758.

Devi, Putu Sonia Chandra dan Eka Sulistyawati. 2018. Peran customer satisfaction dalam memediasi pengaruh online trust terhadap repurchase intention (Studi pada konsumen florist online di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 6, Hal. 2856-2886.

Diza, F., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (studi pada PT fifgroup cabang manado). Jurnal EMBA, 4(1), 109–119.

Dwipayana, Bagus dan Eka Sulistyawati. 2018. Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kepercayaan Terhadap Niat Beli E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 10, 2018: 5197-5229.56.

Fang, Y.H., Chao-Min Chiu and Eric T.G. Wang. 2011. Understanding customers’ satisfaction and niat beli ulangs: An integration of IS success model, trust, and justice. Internet research, 21 (4), pp: 473-503.

Flavián, C., & Guinalíu, M. (2006). Consumer trust, perceived security and privacy policy: Three basic elements of loyalty to a web site. Industrial Management & Data Systems. https://doi.org/10.1108/02635570610666403

Ghalandari Kamal. 2012. “The Effect of Kualitas pelayanan elektronik on Keprcayaan elektronik and E- Satisfaction as Key Factors Influencing Creation of E-Loyalty in E- Business Context: The Moderating Role of Situational Factors”. Journal of Basic and Applied Scientific Research. Vol. 2 Issue. 12. Islamic Azad University.

Ghane Soheila et al. 2011. “Full Relationship among Kepuasan elektronik, Keprcayaan elektronik, E- Service Quality, and E-Loyalty: The Case of Iran E-Banking”. Journal of Theoretical and Applied Information Technology. Vol. 33 No. 1. Iran University of Science and Technology.

Hidayah Taufik Riski dan Eristy Minda Utami. 2017. “Kualitas pelayanan elektronik and E- Recovery Service Quality on Kepuasan elektronik LAZADA.COM”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol. 8 No. 2. Widyatama University.

Hwang & Kim. 2006. Customer selfservice systems: The effects of perceived Web quality with service contents on enjoyment, anxiety, and e-trust. United States.

Jin, B., & Park, J. Y. (2006). The moderating effect of daring purchase experience on the evaluation of daring store attributes and the subsequent impact on market response outcomes. Advances in Consumer Research.

Kim, D. J., Ferrin, D. L., dan Rao, H. R. 2009. A Trust-based Consumer Decision-making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents. Decicion Support Systems, 544-564.

Kotler, P. 2003. Marketing management (Vol. 11). New Jersey: Prentice Hall Int'l.

Lu, Long-Chuan, Hsiu-Hua Chang dan Shih-Ting Yu. 2013. Daring Shoppers’ Perceptions of E-retailers’ Ethics, CulturalOrientation, and Loyalty An Exploratory Study in Taiwan. Journal of Internet Research, 23 (1), pp. 47- 68.

Luthfi dan N.Fanda. 2019. Pengaruh E-Design Web, E- WOM Terhadap e-Repurchase dengan E-Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Website Lazada co.id (Studi Pada Lonsumen Lazada Co.id di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol.8 No 4, pp. 315-323.

Luthfiana, NA dan Hadi, SP. 2019. Pengaruh Promosi Penjualan dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pembeli di Marketplace Shopee).Jurnal Administrasi Bisnis, Vol/ 8 No.1. hlm. 37-42.

Melinda. 2017. “Pengaruh Kualitas pelayanan elektronik terhadap E-Loyalty Pelanggan GO- JEK melalui Kepuasan elektronik pada Kategori GO-RIDE”. AGORA. Vol. 5 No. 1. Universitas Kristen Petra.

Pappas, Ilias O, Adamantia G. Pateli, Michail N. Giannakos dan Vassilios Chrissikopoulos. 2014. Moderating Effects of Daring Shopping Experience On Customer Satisfaction and Niat beli ulangs. International Journal of Retail and Distribution Management, 42 (3), pp. 187-204.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Malhotra, A. 2005.”E-S-Qual: A Multiple- Item Scale For Assessing Electronic Service Quality”, Journal of Service Research, Vol. 7 No. 3, pp. 213-233.

Purnami, Rahayu, Djawanto. 2015. Pengaruh Kepercayaan elektro-nik, Perceived Use-fulness,kepuasan elektronik terhadap repurchase intention. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP). Vol. 8 (2) ,hal 236-260.

Rasyid, Rafsanjani Harun Al dan Sugiyono. 2014. Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kepercayaan dan Layanan Terhadap Loyalitas Berbelanja pada Carrefour Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 3 (12), hal. 40-53.

Santika Wayan I dan Komang Agus Satria Pramudana. 2018. “Peran Mediasi E- Satisfaction pada Pengaruh Kualitas pelayanan elektronik terhadap E-Loyalty Situs DaringTravel di Bali”. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia. Vol. 1 No. 3. Universitas Udayana.

Sari, N., Saputra, M. dan Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen Magister. 3(1), h: 96-106.

Sativa Amila dan Sri Rahayu Tri Astuti. 2016. “Analisis Pengaruh Keprcayaan elektronik dan E- Service Quality terhadap E-Loyalty dengan Kepuasan elektronik sebagai Variabel Intervening”. Diponegoro Journal of Management. Vol. 5 No. 3. Universitas Diponegoro.

Soopramanien, Didier. 2011. Conflicting Attitudes and Skepticism Towards Daring Shopping: The Role Of Experience. International Journal Of Consumer Studies, 35 (3), pp. 338-347.

Susanto. 2018. Analisis Pengaruh E-kepuasan Pelanggan Terhadap E-loyalitas Pelanggan di Indonesia. Sentrinov, 3,3, 338–360.

Taman, K. 2010. Pengaruh Kualitas pelayanan elektronik dan E-Recovery Service Quality terhadap Kepuasan elektronik Serta Implikasinya pada E-Loyalty Pelanggan Maskapai Penerbangan Air Asia

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Tsai, H.T. and Huang, H.C. 2011. Determinants of e-repurchase intentions: an integrative model of quadruple retention drivers. Information & Management, 44 (3), pp: 231-239.

Wilson, Nicholas dan Keni Keni. 2018. Pengaruh Website Design Quality Dan Kualitas Jasa Terhadap Repurchase Intention : Variabel Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa. Vol. 11 No. 2 hlm: 291-310

Widiatmika Ary N.G.I dan Nyoman Sri Subawa. 2017. “Effect of Kualitas pelayanan elektronik and Recovery Service Quality Mobile Banking Services To E- Trust, Kepuasan elektronik and E-Loyalty Mobile Banking Users of Local Bank Customer in Bali, Indonesia”. Imperial Journal of Interdisciplinary Research. Vol. 3 Issue. 3. Universitas Pendidikan Nasional, Bali.

Yohan, AH. 2019. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang pada Toko Buku Gramedia Yogyakarta. Jurnal Ekonomi, Volume 4 No 1, hlm. 39-52.

Zeithaml, Valerie A., Mary Jo Bitner, & Dwayne D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (6th ed). McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i4.2882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :