MENGHITUNG NILAI EKONOMI AIR SEKTOR DI PERTANIAN PADA SEKTOR PERTANIAN TANAMAN PADI DI KECAMATAN SOKARAJA

Veron Hario, Rusmusi Indranjoto, Muhammad Farid Alfarisy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghitung valuasi ekonomi ekonomi air Sungai Pelus yang digunakan pada sektor pertanian tanaman padi di Kecamatan Sokaraja. Selama ini lahan pertanian di sepanjang Sungai Pelus di Kecamatan Sokaraja, belum memasukan air Sungai Pelus sebagai komponen biaya produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah valuasi ekonomi berdasarkan atas dasar penggunaannya (direct use value). Objek penelitian ini adalah lahan pertanian tanaman padi di desa-desa yang terlewati oleh Sungai Pelus di Kecamatan Sokaraja. Data diperoleh melalui lima narasumber yaitu ketua kelompok tani di masing-masing desa yang terlewati aliran air sungai. Hasil analisis data diperoleh nilai ekonomi air Sungai Pelus yang digunakan oleh areal pertanian tanaman padi seluas 425 ha di seluruh desa yang terlewati oleh Sungai Pelus di Kecamatan Sokaraja adalah sebesar Rp4.734.817.05 atau Rp11.140.746 per hektar.


Keywords


Valuasi Ekonomi, Nilai Air, Sektor Pertanian.

References


Beukering PJH, Cesar HSJ, dan Janssen MA. (2002). Economic Valuation of the Leuser National Park on Sumatra, In-donesia. Ecological Economics. 44.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas. (2019). Rencana Tata Tanam Daerah Irigasi Kabupaten Banyumas Tahun 2019-2020. Purwokerto, Hal. 1.

Hadipuro W. 2010.Valuasi Air. Jakarta: Amrta Institute dan TIFA Foundations. Hal.12.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup. (2007). Panduan Valuasi Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Jakarta.

Maharini L, Nugraha WD, dan Hadiwidodo M. (2017). Valuasi Ekonomi Ling-kungan Kondisi Kualitas Air Sungai Gelis Terhadap Aspek Air Bersih. Jurnal Teknik Lingkungan, 1-8.

Pirngadi RS, Supriana T. dan Zen Z. Valua-si Ekonomi Sumberdaya Alam Ber-basis Nilai Guna Pada Sub Daerah Air Sungai (DAS) Air Sarap Dalam Kawa-san DAS Krueng Kluet. Seminar Na-sional Kearifan Lokal dalam Keberagaman untuk Pembangunan In-donesia. Hal. 420.

Priyambada IB, Oktiawan W, dan Suprapto RPE. (2008). Analisa Pengaruh Perbe-daan Fungsi Tata GUna Lahan Ter-hadap Beban Cemaran BOD Sungai (Studi Kasus : Sungai Serayu - Jawa Tengah). Jurnal Presipitasi, Vol. 5 No. 2, Hal. 56-57.

Putera FHAP, Sallata AE. (2015). Valuasi Ekonomi Sumberdaya Di Teluk Palu, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Kebijakan Sosek KP, 83-87.

Sathiratha S. (1998). Economic Valuation of Mangroves and the Roles of Local Communities in the Conservation of Natural Resources: Case Study of Surat Thani, South of Thailand. EEPSEA Research Report Series.

Suparmoko,M, (1998), Pengantar Ekonomika Mikro. Yogyakarta:BPFE.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v24i2.3009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :