ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN VARIABEL GROWTH OPPORTUNITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN REAL ASTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2019

Zulfa Aofa Amalia, Bambang Sunarko, Retno Widuri

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Dengan Variabel Growth Opportunity Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Real Astate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2019”. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh leverage, growth opportunity, dan debt maturity terhadap keputusan investasi, menganalisis pengaruh leverage dan debt maturity terhadap keputusan investasi yang dimoderasi variabel growth opportunity. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 perusahaan real astate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2019. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 perusahaan. Purposive Sampling Method digunakan dalam metode pengambilan sampel. Alat analisis SPSS  digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi moderasi menunjukan bahwa : (1) Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan investasi, (2) Growth Opportunity tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi, (3) Debt Maturity berpengaruh negatif  dan signifikan terhadap keputusan investasi, (4) Growth Opportunity dapat memoderasi pengaruh leverage terhadap keputusan investasi, (5) Growth Opportunity dapat memoderasi pengaruh debt maturity terhadap keputusan investasi.

Implikasi dan kesimpulan diatas yaitu perusahaan sebaiknya mempunyai proporsi hutang yang seimbang dengan kepemilikan asset agar terhindar dari resiko gagal bayar dan resiko kebangkrutan dan sebaiknya investor tidak berinvestasi pada perusahaan yang memiliki tingkat hutang tinggi. Perusahaan diharapkan dapat menaikkan nilai perusahaannya dengan meningkatkan peluang pertumbuhan perusahaan yang ditandai dengan harga saham di pasaran serta kepemilikan asset yang tinggi dan sebaiknya investor memilih perusahaan yang memiliki nilai saham dan total aset yang tinggi. Perusahaan sebaiknya memperkecil tingkat leverage  dan memperpendek waktu tempo pembayaran dan sebaiknya investor tidak memilih perusahaan yang memiliki hutang jangka panjang lebih besar dibanding hutang jangka pendek.


Keywords


Leverage, Growth Opportunity, Debt Maturity, Keputusan Investasi

References


Aivazian, V.A., Ge, Y. dan Qiu, J. (2005), 'The Impact Of Leverage On Firm Investment: Canadian Evidence', Journal of corporate finance, Vol. 11, no. 1, pp. 277-91.

Anjani, B. B. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Investasi Pada Perusahaan Food And Beverage Di Bursa Efek Indonesia .

Billett, et al. (2007). Growth Opportunities and The Choice of leverage, Debt Maturity, and Covenants. The Journal of Finance Vol. LXII, No. 2 .2007.

Brigham, Eugene F and Ehrhardt, Michael C. 2005. Financial Management: theory and practice. 11 th edition. United States: South-Western

Dang, Viet A. (2011). Leverage, Debt Maturity, and Firm Investment An Empirical Analysis. Journal of Business Finance dan Acccounting.

Debbie Christine, N. D. (2017). Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan dan Debt Maturity Terhadap Efisiensi Investasi. Forum Keuangan Dan Bisnis Indonesia, 19-30.

Firth, M., Lin, C. dan Wong, S.M. 2008, 'Leverage and investment under a state-owned bank lending environment: Evidence from China', Journal of Corporate Finance, vol. 14, no. 5, pp. 642-53.

Endiana, I. D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Investasi Dengan Growh Opportunity Sebagai Moderating Variabel. Journal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis.

Husnan, Suad. (1998) .Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan Liberty, Yogyakarta

Jensen, M., dan W. Meckling. (1976). Theory of The Firm: Managerial behavior,

Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3, 305-360.

Meggison, W.L. (1997). Corporate Financial Theory. Massachusetts: Addison Wesley Educational Publishers.

Meutia, T. (2016). Pengaruh Growth Opportunity, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadapStruktur Modal pada Perusahaan Properti di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5 No.2.

Myers, S.C. (1977), 'Determinants of corporate borrowing', Journal of financial economics, vol. 5, no. 2, pp. 147-75.

Sandiar, L. (2017). Growth Opportunity Dalam Mempengaruhi Keputusan Investasi. Journal Of Applied Bussiness and Economics , 196-206.

Saragih. (2008).Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Pada Perusahaan Konsumsi di Bursa Efek Indonesia (Tesis). Universitas Sumatera Utara. Medan

Stulz, M., dkk. (1995). Leverage, Investment, and Firm Growth. Journal of Financial Economics.

Sukianto Abadi, W. R. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Debt Maturity Di Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2 No. 2.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS.

Yogyakarta: Andi.

Sunitha Vijayakumuran, R. (2019). Debt Maturity and the Effects of Growth Opportunities and Liquidity Risk on Leverage: Evidence from Chinese Listed Companies. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 6, 27-40.

Vinh, Vo., Xuan. (2018). Leverage and Corporate Investement- Evidence From Vietnam. Finance Research Letters.

Yunus, R. S. (2017). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Keputusan Investasi. Journal Universitas Negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v24i1.3011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :