PEMANFAATAN MARKET PLACE GRABFOOD & GOFOOD DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM FOOD AND BEVERAGES MAO-MAO CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v24i3.3350Keywords:
Marketplace, Grabfood & Gofood, UMKM, PenjualanAbstract
Penjualan yang dilakukan oleh pelaku usaha merupakan suatu kegiatan yang harus berjalan dengan baik, karena dengan penjulan yang baik maka pendapatan usaha akan meningkat. Penjualan yang baik disertai dengan strategi pemasaran yang terkonsep, hal ini agar strategi yang di buat memiliki dampak untuk mencapai sesuai target market. Peran teknologi sangatlah dibutuhkan oleh pelaku usaha, karena di zaman sekarang segala sesuatu sudah berdampingan dengan teknologi. UMKM Mao-mao adalah salah satu UMKM yang memanfaatkan teknologi marketplace grabfood dan gofood dalam memasarkan produknya dan menunjang peningkatan penjualan dari segi online. Dalam penelitian ini menggnakan metode kualitatif deskriptif dengan cara melakukan observasi dan wawancara. Wawancara yang dilakukan adalah untuk mengetahui aplikasi marketplace grabfood dan gofood memiliki manfaat bagi usaha Mao-mao dalam meningkatkan penjualan. Hasil dari penelitian ini adalah UMKM Food and beverages Mao-mao Cirebon dalam mengoperasionalkan bisnisnya dengan cara offline dan online. Pen jualan online yang memakai jasa grabfood dan gofood, penjualan yang dilakukan dengan cara online memberikan hasil yang baik karena memberikan dampak kenaikan omzet mencapai 40%.
References
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131-136.
Cahya, A. D., Aminah, A., Rinaja, A. F., & Adelin, N. (2021). Pengaruh Penjualan Online di masa Pandemi Coviv-19 terhadap UMKM Menggunakan metode Wawancara. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 857-863.
Claudya, L. (2022). Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan pada masa pandemi covid-19 di warung bintangbali, ubud: Analysis of marketing strategies in an effort to increase sales during the covid-19 pandemic at the Bintangbali stall, Ubud. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 1(3), 697-715.
Krisnawati, D. (2018). Peran perkembangan teknologi digital pada strategi pemasaran dan jalur distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 69-74.
Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 6-15.
Novianti, T. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Pesan Antar Makanan Grab Food Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Soto Kudus di Jakarta. Asian Journal of Accounting And Information Managemet, 1(1), 27-30.
Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).
Rifkhi, M., Argo, J. G., & Yuliniar, Y. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM Kuliner di Kecamatan Cibinong. In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 2, pp. 1125-1138).
Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.
Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). STRATEGI pemasaran produk olahan
hasil perikanan pada UMKM Cindy Group. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen
Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 19-28.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.
Suryadi, D. F., & Ilyas, M. I. F. (2018, December). Adopsi online food delivery service bagi wirausaha pemula di kota Makassar (Studi kasus pada Big Bananas). In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M).
Tumpuan, A. (2020). Peranan Aplikasi Go Food Terhadap Perkembangan Bisnis Kuliner. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, 3(1), 26-30.
Vernia, D. M., Widiyarto, S., Narsih, D., & Tiwinyanti, L. (2020). Sosialisasi dan pembekalan strategi pemasaran produk olahan pisang pada siswa pondok. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 125-128.
Widharta, W. P. (2013). Penyusunan strategi dan sistem penjualan dalam rangka meningkatkan penjualan toko damai. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-15.
Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 1(1).
Wulandari, P. A., Iryanie, E., & Heldalina, H. (2019, December). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUSAHA KULINER DI BANJARMASIN MEMANFAATKAN E-COMMERCE (STUDY KASUS GOFOOD DAN GRABFOOD). In Proceeding of National Conference on Asbis (Vol. 4, pp. 239-259).
Yuniwati, Y. Y. (2020). Faktor Motivasional Niat Pembelian Makanan Dan Minuman Melalui Grabfood Di Indonesia. Agribusiness Journal, 14(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).