ANALISIS ANTESEDEN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK AMDKLE MINERALE DI KEBUMEN

Ika Susilowati, Rigita Cahyani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk AMDK Le Minerale di Kebumen. Ada tiga variabel yang digunakan yaitu healthy lifestyle, harga, dan kualitas produk. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang pernah membeli dan mengonsumsi minimal satu kali AMDK Le Minerale dengan jumlah responden sebanyak 101 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis deskriptif dan analisis statistic. Data dianalisis menggunakan SPSS 23 for windows. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukan variabel healthy lifestyle dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kualitas produk tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk AMDK Le Minerale di Kabupaten Kebumen.


Keywords


Healthy Lifestyle, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

References


Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman. (2017). Arti Kode/Simbol Pada Kemasan Plastik. https://dlh.slemankab.go.id/arti-kodesimbol-pada- kemasan-plastik/ . Diakes pada tanggal 20 Januari 2023.

Eltonia, Neijun, and Kristina Anindita Hayuningtias. (2021). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) Merek Le Minerale 600 ml Di Kota Semarang ). 6(2): 250–256.

F., & Aziz, N. (2019). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aicos Produksi PT Bumi Sarimas Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/w6dt5.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21Update PLS Regresi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang : Badan Penerbit-Undip.

Hari Subagyo, Wawan, dan Ranti Chairunisha Febriana. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kelurahan Pabuaran Bogor. Economicus 14(1).

Harumanto, Budi. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan Aqua (Studi pada Konsumen AMDK Aqua di Kecamatan Kemranjen) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).

Ikhsani, K., & Ali, H. (2017). Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Harga dan Brand Awareness (Studi Kasus Produk Teh Botol Sosro di Giant Mall Permata Tangerang). Swot, 7(3), 523-541.

Kurniawan, D., & Prihatini, A. E. (2018). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sari Roti di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 97-106.

Noviagustin, Mutia. (2022). Mengenal Kandungan pH Air Minum. https://enesis.com/id/artikel/mengenal-kandungan-ph-air-minum/. Diakses pada tanggal 16 Januari 2023.

Ong, I. A. (2013). Analisa pengaruh strategi diferensiasi, citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di Cincao Station Grand City, Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-11.

Pradiptaningtyas, I., & Hermani, A. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minute Maid Pulpy (Studi pada Konsumen Minute Maid Pulpy di Kecamatan Banyumanik). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(2), 107-117.

Pratama Indrianto, Anggraeni. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Ades Di Yogyakarta. Journal Economics and Business 18(2): 2021–2223. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA.

Priatna, Tedi. (2017). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Insan Mandiri.

Putri, Dita Alamanda, Robin Jonathan, and Umi Kulsum. (2021). Pengaruh Harga , Kualitas Produk , Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) Sijiro Di Samarinda. Jurnal EKONOMIA :1–10. https://media.neliti.com/media/publications/400008 - none-394532d8.pdf.

Rahmadhanty, D. R., & Farah, W. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Gaya Kepemimpinan, Dan Time Budget Pressure Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah. JKUBS, 1(1), 58-81.

Sartikawati, I. D., Ali, A., & Setiawan, A. (2020). Effect Of Advertising, Product Superiority, Life Style And Price On The Purchase Decision Of The Le- Minerale Mineral Water Brand (Case Study On Malaya Mart And Ranggon Mart In Bangkinang City). Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(4).

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta : Kencana

Sudaryana, Bambang. & Agusiady, Ricky. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Deepublish.

Sugeng, Bambang. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). Yogyakarta : Deepublish.

Sugiyono dan Setiyawami. (2022). Metode Penelitian Sumber Daya Manusia : Kuantitatif, Kualitatif dan Stadi Kasus. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono dan Lestari, Puji. (2021). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : ALFABETA.

Sukmawati, Novita, dan Sri Rejeki Ekasasi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1(1): 17–28. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/125.

Sulastri, dan Pelinda Puspasari. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup Sehat, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Susu Bear Brand. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis 2(1): 104–12.

Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2022.

Widarjono, Agus. (2018). Analisis Regresi Dengan SPSS. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Wiludjeng, Rahayu Diyah. (2022). Daftar Harga Air Mineral Kemasan dan Refill Galon Terbaru2022.

Zahra, Giovanni Fatimatuz, Dwi Irawati, and Murry Harmawan. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Harga, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Susu Anlene Di Kebumen. Jurnal Segmen Manajemen: 1–11.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v25i1.3528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :