Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth dan E-Servicescapes terhadap Kepercayaan Konsumen dan Minat Beli Online (Studi pada Pengguna E-commerce Shopee)
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v25i2.3770Keywords:
e-WOM, e-sevicescapes, kepercayaan konsumen, dan minat beli.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-WOM dan e-servicescapes terhadap kepercayaan konsumen dan minat beli online pada pengguna situs belanja online Shopee. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang merupakan pengguna internet aktif dan pernah menggunakan aplikasi e-commerce Shopee. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 107. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan regresi linier bertahap meggunakan SPSS (Statistical Program Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM, daya tarik estetika, keamanan finansial berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen, sedangkan tata letak tidak memliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen, dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli online. Implikasi dari penelitian ini Shopee perlu membangun dan mengembangkan strategi promosi melalui komunikasi dari mulut ke mulut, meningkatkan pada aspek daya tarik estetika yang positif, serta meningkatkan keamanan finansial secara online
References
Adistya. C., Idris. (2017). Analisis pengaruh kualitas online word-of-mouth dan keamanan terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Diponegoro Jurnal of Management. 6(3), 1-11.
Ferdinand, Augusty. 2002. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Gruen, T.W., T. Osmonbekov, dan A.J. Czaplewski. (2006). EWOM: the impact of customer-to-customer online know-how exchange on customer value and loyalty. Journal of Business Research. 59(4), 449-56.
Handayani, S. P., dan Purnama, B. E. (2013). Pembuatan website e-commerce pada distro java trend. Seminar Riset Nasional Informatika dan Komputer, 19.
Harris, L. C. And M. M. H. Goode. ( 2010). Online servicescapes, trust, and purchase intentions. Journal of Services Marketing. 24( 3), 230-243.
Kim, H.K dan J.H. Song. (2010). “The quality of word-of-mouth in the online shopping mall”. Journal of Research in Interactive Marketing. 4(4), 376 – 390.
Mayer, R.C., Davis, J. H., dan Schoorman, F. D., (1995), An Integratif Model of Organizational Trust, Academy of Management Review, 30 (3): 709-734.
McKnight, D.H., V. Choudhury, dan Kacmar, C. (2002). "Developing and validating trust measuresfor ecommerce: An integrative typology. Information Systems Research, 13(3), 234–361.
Nusantara, G. S. (2017). Analisis pengaruh e-servicescape terhadap kepercayaan, konsumen pada website mataharimall.com. Skripsi. Universitas Gadjah Mada.
Pavlou, P. A. (2003). "Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk withthe technology acceptance model". International Jurnal Electronic Commerce.7(3).101-134.
Roca, Juan Carlos, J.J. García, dan Juan José de la Vega. (2008). "The importance of perceived trust, security and privacy in online trading systems", Information Management & Computer Security. 17(2), 96 – 113.
Rosdiana, R dan I. A. Haris. (2016). “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online”. International Journal of Social Science and Business. 2(3), 169-175.
Schiffman, Leon G and Kanuk. (2008). Consumer Behavior. Prentice Hall Internasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).