Analisis Penerapan Total Quality Management pada Merek Kedai Kopi Lokal

Amelia Grandis Putri Marsela, Andito Dwi Haryanto, Destya Shafira Nugraheni, Ma’rifatturohana Ma’rifatturohana, Nafis Hammam, Reisya Aaliyah Kamal, Volva Diti Arrahim, Wiwiek Rabiatul Adawiyah, Titi Nurfitri, Bagas Gumintang

Abstract


Dampak dari globalisasi dalam dunia industri saat ini telah menimbulkan persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat dan kompetitif. Perusahaan dituntut untuk mampu berkembang dalam menerapkan strategi bisnis dalam melayani konsumen seperti menciptakan sebuah produk yang inovatif, unik, dan berkualitas. Total Quality Management (TQM) adalah metode dalam manajemen bisnis yang memaksimalkan daya saing melalui evaluasi secara berkelanjutan dari produk, pelayanan, orang, proses, serta lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan TQM pada merek kedai kopi lokal Mate dan Co Cafe. Indikator yang digunakan pada penelitian ini yaitu kepuasan pelanggan, respek terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, serta perbaikan berkesinambungan. Berdasarkan hasil survei kuesioner yang dilakukan kepada 10 responden, penerapan TQM pada Mate dan Co Café mendapatkan penilaian pada kategori sangat baik (83.0%).

Kata Kunci: Total Quality Management (TQM); kualitas pelayanan; kedai kopi lokal


Full Text:

PDF

References


Allen James. Interdisciplinary Differences s in Attitudes Towards Deposit in Institutional Repositories. Arts and Humanities Research Council.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arman, U.D. (2018). Penerapan Total Quality Management (TQM) Pada Produksi Ready Mix Concrete. Rang Teknik Jurnal.

Mardalis. (2008). Metodologi Peneitian: Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.

Nazir M. (1998). Metode Penelitian.Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.

Taufiqqurrachman. 2022. Cara Hitung Kuisioner pada Skala Rikert. Diakses pada Kamis, 23 Juni pukul 15.00 wib.

Warsito, H. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian : Buku Panduan Mahasiswa, PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.