Analisis Kesiapan UMKM Batik di Banyumas dalam Menggunakan Produk Keuangan Digital

Lina Rifda Naufalin, Aldila Krisnaresanti, Jaryono Jaryono

Abstract


Pemanfaatan produk keuangan digital yang belum optimal menjadi salah satu permasalahan yang dialami oleh UMKM Batik di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan menghasilkan analisis mengenai kesiapan UMKM Batik di Banyumas dalam memanfaatkan produk keuangan digital serta menganalisis faktor yang mendorong serta menghambat kesiapan UMKM Batik baik faktor internal maupun faktor eksternal. Tempat penelitian di Kabupaten Banyumas dengan objek penelitian adalah UMKM Batik yang tergabubung pada Koperasi Berkah Rindang Kinasih yang berjumlah 15 UMKM Batik. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan penggunaan produk keuangan digital sebanyak 73, 3% atau 17 dari 23 UMKM batik yang telah menggunakan fasilitas keuangan digital diantaranya M-Banking, GoPay, dan SMS Banking, OVO, DANA dan ShopeePay. Faktor internal yang mendorong UMKM Batik dalam memanfaatkan produk keuangan digital adalah adanya kebutuhan transaksi secara lebih praktis dalam penjualan online dan dimilikinya pengetahuan mengenai produk keuangan digital. Faktor eksternal yang mempengaruhi pemanfaatan produk keuangan digital oleh UMKM Batik dalah adanya pelatihan dan pendampingan dari pihak eksternal serta adanya sumber daya khusus yang menangani penggunaan produk keuangan digital. Faktor penghambat yang dirasakan oleh UMKM adalah belum semua pengelola UMKM Batik mendapatkan pelatihan serta motivasi menggunakan produk keuangan yang rendah dikarenakan belum adanya kebutuhan transaksi secara online dari UMKM Batik.
Keywords: Kesiapan, UMKM Batik; Produk keuangan digital.


Full Text:

PDF

References


Aditya Ashrido Rachmatullah.2019. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Berbasis Financial Technology.Skripsi mahasiswa UII.

Amperiana, S. (2010). Pengaruh motivasi, prestasi dan konsep diri Terhadap kesiapan praktek klinik Kebidanan bagi Mahasiswa tingkat ii Akademi kebidanan pamenang Pare Kabupaten Kediri (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Febriya, R. W. (2014). Survei tentang persepsi dan kesiapan konselor terhadap bimbingan dan konseling berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Surabaya Selatan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Muliaman D. Hadad, Financial Technology (Fintech) di Indonesia, Kuliah Umum Tentang Fintech-IBS, Jakarta, 2017, hlm. 4.

Naufalin, Lina Rifda, Jaryono, Tohir. (2021). Analysis of Characteristics Banyumas Batik SMEs as a Basis for Development of Digital Model literacy Education Model. Prosiding ISCA11, September 2021.

Nuzul Rahmayani, “Tinjauan Hukum Perlindungan Konsumen Terkait Pengawasan Perusahaan Berbasis Financial Technology di Indonesia”, Pagaruyuang Law Journal, Edisi No. 1 Vol. 2, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 2018, hlm.25.

Pangestu, D. P., & Rohinah, R. (2018). Pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 81-90.

Slameto, S. (2010). Budaya Kerja Guru Sekolah Standar Nasional (Studi Situs SMK Binawiyata Sragen) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Widyawati. (2012). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya”. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1. No. 1. Diakses pada 28 Mei 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.