Analisis Dampak KKN MBKM bagi Kemandirian dan Jiwa Wirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Implementasi KKN MBKM pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed)

Jaryono Jaryono, Tohir Tohir, Rasyid Mei Mustofa, Lina Rifda Naufalin

Abstract


Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka sebagai pijakan baru Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam merespon perkembangan yang begitu cepat di lingkungan masyarakat, dunia kerja, dan dunia industry diharapkan mampu mencetak lulusan mahasiswa dari Perguruan Tinggi sebagai lulusan yang kreatif, inovatif, mandiri, siap pakai dan bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) MBKM dalam kaitannya dengan kemandirian dan jiwa wirausaha mahasiswa. Penelitian ini menyasar peserta KKN MBKM dari Program Studi Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 11 Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa yang telah mengikuti KKN MBKM di Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dengan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, uji mutu data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa peserta KKN MBKM mengalami peningkatan dalam hal kemandirian serta tumbuh jiwa wirausaha tetapi hanya sampai pada tahapan motivasi.

Keywords: Jiwa Wirausaha, Kemandirian, KKN MBKM.

Full Text:

PDF

References


Dirjen Dikti Kemendikbud RI, Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Edisi ke Satu Cetakan Ke-1, 2020.

Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Jakarta : Ditjen. Pendidikan Tinggi.

Arikunto dan Suharsimi, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2004.

Stufflebeam, David L and Shinkfield, Anthony J., Systematic Evaluation, USA : Kluwer-Nijhoff Publishing, 1986.

Fernandes, H.J.X., Testing and Measurement, Jakarta : National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development, 1984.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2014.

Permendiknas, Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen. Menenjemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006.

Perdana, Amelia. Halilulloh. Yunisvca Nurmalisa.(2013). Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terhadap Keterampulan Sosial Mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Lampung Tahun 2013.

Syardiansyah. (2019). Pengaruh Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra Terhadap Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia. Journal of Education Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 1(3)

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Dirjend. Pendidikan Dasar dan Menengah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.