Efektifitas Pemanfaatan Dana Desa dalam Menunjang Pembangunan Infrastruktur di Desa Karangsalam Lor Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas

Balkis Dirma Diyanti, Farid Alfarisy, Bambang Bambang, Lita Apriyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan dana desa dan mengetahui bagaimana masyarakat memandang penggunaan dana desa dalam hal pembangunan infrastruktur di Desa Karangsalam Lor. Jumlah penduduk dalam penelitian ini adalah 88 orang dari Desa Karangsalam Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas RW 01 hingga RW 03 yang terdiri dari 11 orang dari Desa Karangsalam Lor dan warga sekitarnya dipilih berdasarkan sensus. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode wawancara berdasarkan kuesioner sedangkan teknik analisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dan pemanfaatan dana desa dalam pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangsalam Lor sangat efektif baik dalam tingkat pendidikan, kesehatan, infrastruktur fisik seperti jalan, jembatan untuk pembangunan rumah yang tidak layak dan perbaikan destinasi wisata baru. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan dana desa dalam hal pembangunan infrastruktur di Desa Karangsalam Lor. Serta untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap penggunaan dana desa dalam hal pembangunan infrastruktur di Desa Karangsalam Lor. Bagi kepala desa dan perangkat desa untuk lebih memahami apa tujuan pemerintah pusat agar pembangunan dapat sesuai dengan apa yang diharapkan dan berjalan secara efektif dan efisien. Agar masyarakat dapat ikut serta dalam menjaga dan merawat hasil pembangunan pemerintah desa dan mendukung apa yang menjadi program pemerintah desa dan aktif berpartisipasi dalam musrembang dan pengawasan pengelolaan di desa

Kata Kunci: Efektivitas, Pembangunan Infrastruktur, Pengelolaan, Perencanaan, Persepsi Publik, Pemanfaatan, dan Dana Desa.


Full Text:

PDF

References


Anderesta, K., Maretta, O., & Arsyillah, R. M. (2018). Village Counselors To Guide Village Funds Management, Is This Effective? A Case Study Of Villages In Tangerang District. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 10(2), 92-104.

Azwardi, A., & Sukanto, S. (2014). Efektifitas Alokasi Dana Desa (ADD) dan Kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ekonomi Pembangunan (Journal Of Economics And Development), 12(1), 29-41.

Damar, V. I., Masinambow, V. A., & Naukoko, A. T. (2021). Efektivitas Penggunaan Dana Desa Terhadap Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Humbia Kecamatan Tagulandang Selatan Kabupaten Kepulauan Sitaro. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 21(3).

Hamidi. (2010). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM.

Mingkid, G. J., Liando, D., & Lengkong, J. (2017). Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Peningkatan Pembangunan (Suatu Studi Di Desa Watutumou Dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Eksekutif, 2(2).

Nadira, P., Yuliani, R., & Dewi, A. (2020). Efektivitas penggunaan dana desa dalam pembangunan desa di kecamatan karau kuala kabupaten barito selatan. Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan, 1(2).

Nain, U., & Agustang, A. (2020). Analysis On The Utilization Of Village Funds In Cash For Work Program In Bulukumba Regency, South Sulawesi Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7s), 2811-2818.

Poluan, K., Lengkong, F., & Londa, V. (2021). Efektivitas Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Melalui Penggunaan Dana Desa (Studi di Desa Elusan Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan). Jurnal Administrasi Publik, 7(111).

Prasetyo, R.B., (2008). Ketimpangan dan Pengaruh Infrastruktur terhadap Pembangunan Ekonomi Kawasan Barat Indonesia (KBI). Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Putri, A. A. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Berita Hoax Ratna Sarumpaet Pada Elektabilitas Prabowo Subianto Calon Presiden 2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Simangunsong, F., & Wicaksono, S. (2017). Evaluation of Village Fund Management in Yapen Islands Regency Papua Province (Case Study at PasirPutih Village, South Yapen District). Journal of Social Science, 5(9), 250-269.

Sitanala, T. F. (2019). Can the internal control system reduce fraudulent use of village funds in adverse selection condition. Jurnal Tata Kelola dan Akuntabilitas Keuangan Negara, 5(1), 37-56.

Yanuar, R., (2006). Kaitan Pembangunan Infrastruktur dan Pertumbuhan Output serta Dampaknya terhadap Kesenjangan di Indonesia. Tesis Magister Sains. Program Pascasarjana IPB, Bogor.

Yuliana, Y., Rahmawati, C., Adamy, Y., Edwar, E., & Azlim, A. (2018). The Effectiveness Analysis of Village Funds Management Planning. Proceedings of AICS-Social Sciences, 8, 37-43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.