Optimalisasi Pengelolaan Dana Desa untuk Meningkatkan Daya Saing Bumdes Desa Karanglewas Kidul

Rizqy Tirta Hidayatullah, Siti Maghfiroh, Adi Wiratno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana optimalisasi dana desa yang diperuntukkan bagi BUMDes Mitra Rejo Makmur agar BUMDes tersebut dapat optimal dan meningkatkan daya saing BUMDes di Desa Karanglewas Kidul, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Adapun pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi langsung, dan dokumen-dokumen. Hasil penelitian ini yaitu dana desa yang dianggarkan untuk BUMDes belum optimal dan BUMDesnya tidak memiliki daya saing karena kurangnya partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak seperti dari masyarakat, maupun pemerintah desa. Namun, dalam hal pengelolaan dana desa oleh Pemerintah Desa Karanglewas Kidul sudah optimal dan sesuai dengan standar dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah, walaupun keterlibatan masyarakat desa masih kurang dalam menentukan prioritas penggunaan dana desa. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa BUMDes Mitra Rejo Makmur belum optimal dan tidak memiliki daya saing.

Kata Kunci: Dana Desa, BUMDes, Optimalisasi, Daya Saing


Full Text:

PDF

References


detikcom, T. (2021). detiktravel. Retrieved Maret 10, 2022, from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://travel.detik.com/travel-news/d-5766046/luas-indonesia-berapa-ini-jawabannya/amp&ved=2ahUKEwiwyePs1bv2AhWdILcAHYeaA3AQFnoECAQQBQ&usg=AOvVaw1UdeA09Hu5IJTk03GUrVRk

Ilham. (2020). Efektifitas Pendistribusian Dan Pendayagunaan Dana Zakat Dalam Upaya Memberantas Kemiskinan. Jurnal Pemikiran Syariah Dan Hukum, 4(1).

Kementerian Keuangan. (2017). Buku Pintar Dana Desa.

Kementerian Keuangan. (2017). Buku Saku Dana Desa.

Mahadika, G. (2021). Efektivitas Program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) (Studi Di Desa Srowot Kecamatan Kalibagor). Skripsi Thesis: Universitas Jenderal Soedirman.

Siringoringo, H. (2005). Seri Teknik Riset Operasional: Pemrograman Linear. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.