Analisis Partisipasi Masyarakat, Komitmen Organisasi, dan Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa dalam Akuntabilitas Dana Desa

Lesmono Auliya Firdaus, Siti Zulaikha Wulandari, Ary Yunanto, Wawan Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dialami desa terkait pengelolaan dana desa dan untuk mengetahui pandangan dan penilaian terhadap partisipasi masyarakat, komitmen organisasi, dan kompetensi aparat pengelola dana desa dalam akuntabilitas dana desa. Penelitian ini dilakukan di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, FGD, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat berpartisipasi dalam setiap sidang paripurna melalui perwakilan dari daerahnya masing-masing. Masyarakat ikut memantau setiap kegiatan yang dilakukan di desa, memberikan masukan langsung kepada tim pelaksana dan penanggung jawab kesejahteraan, dan masyarakat ikut serta dalam setiap kegiatan desa (pengelolaan swadaya masyarakat). Kader desa terkoordinasi dengan baik dan tersosialisasi dengan baik antar lembaga, sehingga terjalin hubungan dengan organisasi itu sendiri. Bendahara mencatat keluar masuknya dana sesuai prosedur, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan dana desa dibagi ke dalam wilayah anggaran dan akan masuk melalui sistem yaitu siskeudes.

Kata kunci: Partisipasi Masyarakat; Komitmen Organisasi; kompetensi aparat desa; Akuntabilitas


Full Text:

PDF

References


Afni, Irma Nur. (2017). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Urut Sewu Kabupaten Kebumen. Kebumen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Alie, Marzuki. (2016). Kepemimpinan dan Kompetensi Pengaruhnya terhadap Pengembangan Karir dan Implikasinya pada Kinerja Aparatur di Kota Palembang. Jurnal Ilmu Ekonomi Global Masa Kini Volume 7 No. 01. Universitas Indo Global Mandiri.

Aulia, Putri. (2018). Pengaruh Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa, Komitmen Organisasi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Partisipasi Masyarakat terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten 50 Kota (Studi Empiris Pada Kecamatan Harau, Kecamatan Pangkalan Koto Batu, Dan Kecamatan Kapur IX). Skripsi. Universitas Riau. Diakses Dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/21729/21026

Committee of Sponsoring Organization of the Treadway Commission (COSO). (2013). Internal Contol-Integrated Framework. Amerika Institute of Certified Public Accountants. New York.

Donaldson, Lex and James H. Davis. 1997. Stewardship Theory or Agency Theory: CEO Governance and Shareholder Returns.australian Journal of Management. The University of New South Wales.

Fadil, Fathurrahman. (2013). Partisipasi Masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Kotabaru Tengah. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal. Vol. II edisi 2. Universitas Lambung Mangkurat.

Fadhil, Azhar. (2017). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus di Desa Uekuli Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-Una). Skripsi. Universitas Hassanudin.

Fokus Jateng (2018, 1 Januari). https://www.fokusjateng.com/2018/01/tutup-tahun-2017-laporan-penggunaan-dana-desa-di-kabupaten-boyolali-baru-568-persen/

Haryono, Edy Ellyas. (2016). Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus pada Desa Ngipik, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung Tahun 2016). Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Kristen Satya Wacana.

Husna, Saifatul dan Syukriy Abdullah. (2016). Kesiapan Aparatur Desa dalam Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa secara Akuntabilitas Sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (studi pada Beberapa Desa di Kabupaten Pidie). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi. Vol. 1. Hal. 282-293. Universitas Syiah Kuala.

Indrajaya, John A. (2017). Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa dan Implementasi Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 terhadap Pengelolaan Keuangan Dana Desa. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung.

Kartika, Andi. (2012). Pengaruh Kondisi Keuangan dan Non Keuangan terhadap Penerimaan Opini Going Concern pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Vol. 1 No. 1. Universitas Stikubank.

Kedesa.id. (2016, 05 Agustus). http://kedesa.id/id_ID/wiki/kedudukan-dan-kewenangan-desa/

Kemetrian Keuangan Republik Indonesia. (2021). Data Dana Desa yang Bersumber dari APBN di Indonesia.

KPPN (2021). Buku Saku Dana Desa. Jakarta: menteri Keuangan https//www.kemenkeu.go.id/media/6750/buku-saku-dana-desa.pdf

KPPN (2021). Data Dana Desa Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.

Khozanah. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern, Pemahaman Akuntansi, Teknologi Informasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Wonosobo (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Komite SPAP Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2001). Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta : Salemba Empat.

Lestari, Sri (2017) analisis Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Banyudono). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Mardiasmo. (2010). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV. Andi.

Mada, Sarifudin, dkk. (2017). Pengaruh Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa, Komitmen Organisasi Pemerintah Desa dan Partisipasi Masyarakat terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing “goodwill”. Universitas Sam Ratulangi.

Medianti, I. (2018). Pengaruh Kompetensi Aparatur, Komitmen Organisasi, dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris pada Desa-Desa di Kabupaten Bintan. JOM FEB, Volume 1 Edisi 1, 1-13.

Mudarosatun, Niken Indah. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi pada Kantor Desa di Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Nurkhafifah, Nofella. (2018). Pengaruh Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa, Komitmen Organisasi Pemerintah Desa dan Praktik Pengendalian Internal terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris pada Desa di Kabupaten Wonosobo). Skripsi. Universitas Jenderal Soedirman.

Perdana, Khaeril Wahyu. (2018). Pengaruh Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa, Komitmen Organisasi Pemerintah Desa, Partisipasi Masyarakat, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Bantul. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Portal Berita Pemerintah Provinsi jawa Tengah. (2018, 09 Februari). https://jatengprov.go.id/beritadaerah/baru-34-dari-261-desa-di-boyolali-yang-mencairkan-add/

Prastiwi, Destiana Restu. (2017). Analisis Pengendalian Intern Sistem Pemberian Kredit Berbasis COSO (Studi Kasus di BPR Chandra Muktiartha). Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Republik Indonesia. Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 8 Tahun 2013 tentang “Perumusan Standar Kompetensi Teknis Pegawai Negeri Sipil”.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 113 Tahun 2014 tentang “Pengelolaan Keuangan Desa”.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 49/PMK.07/2016 tentang “Tata Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi Dana Desa”.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang “Sistem Pengendalian Intern Pemerintah”.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang “Desa”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.