Pengaruh Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), Persepsi Status Wilayah, dan Standar Hidup Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas

Ririn Widyawati, Eko Suyono, Uswatun Hasanah, Wawan Setiawan

Abstract


Tingginya angka pengangguran salah satunya menjadi penyebab kemiskinan yang kerap menjadi masalah setiap tahunnya. Sebagaimana yang terjadi di Desa Baseh dengan jumlah penduduk per tahun 2022 yaitu 4.456 jiwa. Dimana permasalahan hingga saat ini yang menjadi upaya bersama yaitu mengenai kesejahteraan masyarakat. Data per tahun 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 1.070 jiwa dimana 546 penduduk laki-laki diantaranya tidak bekerja dan penduduk perempuan sebanyak 1.179 jiwa hanya mengurus rumah tangga. Hal tersebut menjadi salah satu dari banyak faktor yang menjadi penyebab kesejahteraan masyarakat belum tercapai. Terlebih dengan adanya pandemi COVID-19 yang tentunya berdampak pada ekonomi masyarakat. Serta diperkuat dengan data tahun 2021, Baseh menjadi salah satu dari 5 desa dengan tingkat kemiskinan ekstrem di Kecamatan Kedungbanteng. Penelitian ini menggunakan teori New Public Management  yang dikaitkan dengan implementasi birokrasi yang ada di pemerintahan desa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyaluran BLT, persepsi status wilayah, dan standar hidup terhadap kesejahteraan masyarakat. Populasinya adalah masyarakat Desa Baseh dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 104. Teknik yang digunakan yaitu simple random sampling. Dan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyaluran BLT berpengaruh positif terhadap kesejahteraan masyarakat, (2) Persepsi status wilayah tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat, dan (3) Standar hidup berpengaruh positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Implikasi dari hasil penelitian bahwa dalam penyaluran BLT pihak desa harus dapat lebih selektif. Kemudian dalam laporan realisasi anggaran dana desa, Baseh sudah sesuai dengan SAP Desa dan untuk pengalokasian setiap program terutama untuk BLT DD minimal 40% dari dana desa harus lebih sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2021.

Kata Kunci: BLT, Dana Desa, SAP Desa, New Public Management, Kesejahteraan Masyarakat.

 


Full Text:

PDF

References


Bawono, Icuk Rangga, Setyadi Erwin (2019). Panduan Penggunaan dan Pengelolaan Dana Desa, Jakarta: Grasindo.

Hidayat, A. R. (2021). Peran Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai sebagai Upaya Penanganan COVID-19 di Desa Tapple Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Illmu Politik. Universitas Muhammadiyah Makassar: Makassar.

Hood, C. (1995). The "New Public Management" in the 1980s: Variations on a Theme. Accounting. Organizationz and Society, 20 (2/3), 93-109.

Indonesia. 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia PP No. Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Terkait Dana Desa Tahun 2022.

Indonesia. 2021. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2021 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Lalu, R. (2020). Retrieved Maret 29, 2022, from Lokadata: http://lokadata.id/artikel/potensi-masalah-dari-blt-dana-desa

Laoli, V. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai dalam Pegawai Organisasi Sektor Publik. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 231-239. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.82

Maun, C. E. (2020). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Miskin Terkena Dampak COVID-19 di Desa Talaitad Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Politico, 9(2), 4-8.

Pramanik, N. D. (2020). Dampak Bantuan Paket Sembako dan Bantuan Langsung Tunai terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat Padalarang Pada Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Ekonomi, Sosial 7 Humaniora, 113-120.

Rahmatulloh, S. (2020). Dampak BLT Terhadap Kecukupan Kebutuhan Pokok Masyarakat Dusun Kertasari Desa Sukarema Kecamatan Lenek Tahun 2020. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Gunung Rinjangi: Lombok Timur.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia tentang Kesejahteraan Masyarakat.

Sofi, I. (2021). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam Pemulihan Ekonomi di Desa. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara, dan Kebijakan Publik, 6(3), 247-262.

Standar Akuntansi Pemerintahan Desa. (2017, September 11), ksap.org. https://www.ksap.org/sap/standar-akuntansi-pemerintahan-desa/

Sulaiman, M. Y. (2021). Dampak Bantuan Langsung Tunai terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Panrannuanku Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar: Makassar.

Susilawati, N. (2019, Januari). Retrieved from osf.io: https://www.researchgate.net/publication/330399606_SOSIOLOGI_PEDESAAN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.