Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame) di Purwokerto

Reni Dwi Saputri, Andhi Johan Suzana, Isnaeni Rokhayati, Tri Esti Masita, Ady Achadi, Wisnu Wijayanto, Ilham Budi Utomo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara parsial pengaruh citra merek, kualitas layanan dan1 persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan pada PT Orindo Alam Ayu Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT.Orindo Alam Ayu Purwokerto sejumlah 2.225 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.  Berdasrkan hasil penelitian menemukan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi dari penelitian ini (1) bahwa perusahaan harus menjaga citra merek dan meningkatkan kualitas pelayanan karena berpengaruh postif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) perusahaan harus memperhatikan persepsi harga karena berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan (3) selain ketiga variabel independen maka perusahaan harus memperhatikan variable lain seperti promosi, kualitas produk, word of mouth sebagai upaya meningkatkan kualitas loyalitas pelanggan.

Kata kunci: Citra Merek; Kualitas Layanan; Persepsi Harga; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Achadi, A., Surveyandini, M., & Prabawa, A. (2021). Pengaruh Kualitas Website E-Commerce, Kepercayaan, Persepsi Risiko dan Norma Subyektif terhadap Minat Beli Secara Online di bukalapak. com. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1207-1212.

Adhitya, B. (2021). Analisis Determinan Cadangan Devisa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 184-187.

Adhitya, B., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi dan Rata-Rata Jumlah Anggota Keluarga Per Rumah Tangga terhadap Kemiskinan di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 288-295.

Adnyana, D. G. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Gojek Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 6041. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p09

Aslam, A. F. Z., Mansur, M., & ABS, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas (Pelanggan Pada Pelanggan Ijo Ireng Coffee 99 Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(07).

Ariadi Yudha Nugroho, R. H. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Members Game Center Skyland Kota Semarang). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 7(4), 1–7.

Ashraf, M. A., & Niazi, A. (2018). Impact of Brand Image, Service Quality and Trust on Customer Loyalty, Moderating Effect of Perceived Price Fairness and the Mediating Effect of Customer Satisfaction Case Study on Telecommunication Sector of Pakistan (August 20, 2018).

Awaliyah, M., Nugraha, G. A., & Danuta, K. S. (2021). Pengaruh Intensitas Modal, Leverage, Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1222-1227.

Ayu Marini Sarasdiyanthi, N. K., Sasrawan Mananda, I. G., & Suardana, I. W. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Online Travel Agent Airasia Go. Jurnal IPTA, 4(2), 7.

Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Persepsi harga Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.

Darwin, S. (2014). Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan dan Persepsi harga pelanggan sebagai variabel intervening pada asuransi jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-12.

Dewi, P. S. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek (Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo). Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 87.

Diputra, I. G. A. W., & Yasa, N. N. (2021). The Influence Of Product Quality, Brand Image, Brand Trust On Customer Satisfaction And Loyalty. American International Journal of Business Management, 4(1), 25-34.

Handayani, W., & Soliha, E. (2015). Citra dan Persepsi Harga dalam Mempengaruhi Kepuas dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Bussines Centre SMK Negeri 2 Semarang). Jurnal Ekonomi, 1.

Handayani, L., Danuta, K. S., & Nugraha, G. A. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 96-99.

Dessriadi, G. A., Harsuti, H., Muntahanah, S., & Murdijaningsih, T. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 195-198.Iswara, G. A. N., & Santika, I. W. (2019). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Minat Beli Sepatu Merek Bata. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5182.

Koesoemasari, D. S. P., Haryono, T., Trinugroho, I., & Setiawan, D. (2022). Investment Strategy Based on Bias Behavior and Investor Sentiment in Emerging Markets. ETIKONOMI, 21(1), 1-10.

Muntahanah, S., Cahyo, H., Sundari, S., Surveyandini, M., Danuta, K. S., & Murdijaningsih, T. (2022). Analisis struktur modal pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2020. AKUNTABEL, 19(2), 275-283.

Muntahanah, S., Huda, N. N., & Wahyuningsih, E. S. (2021). Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Financial Distress pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 311-314.

Muntahanah, S., Cahyo, H., Setiawan, H., & Rahmah, S. (2021). Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1245-1248.

Muntahanah, S., Cahyo, H., Setiawan, H., & Rahmah, S. (2021). Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1245-1248.

Murdijaningsih, T., & Muntahanah, S. (2021). Audit Delay Analysis to Support the Effectiveness of Company’s Financial Reporting on Manufacturing Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(1), 160-163.

Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90-108.

Nirmala, N., Muntahanah, S., & Achadi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Feb Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Monex: Journal of Accounting Research, 11(01), 1-9.

Octisari, S. K., Murdijaningsih, T., & Suworo, H. I. (2021). Akuntabilitas Masjid Berdasarkan Isak 35 di Wilayah Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1249-1253.

Purnomo, S. D., & Danuta, K. S. (2022). Analisis Kemampuan Keuangan Daerah terhadap Kemiskinan: Studi Empiris di Sumatera Utara. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 215-220.

Purnomo, S. D., Cahyo, H., & Mukharomah, S. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah pada Masyarakat Kabupaten Banyumas. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 343-350.

Purnomo, S. D., Adhitya, B., & Zumaeroh, Z. (2021). Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Industri Mikro dan Kecil di Indonesia. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(1), 85-95.

Purnomo, S. D. (2021). Analysis of Labor Absorption in Central Java Province. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 240-244.

Panggarti, U., Zumaeroh, Z., Purnomo, S. D., Retnowati, D., & Adhitya, B. (2022, April). Studi komparatif ketimpangan antar pulau di Indonesia. In FORUM EKONOMI (Vol. 24, No. 2, pp. 288-298).

Rokhayati, I., Purnomo, S. D., Retnowati, D., Winarto, H., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analysis of financial distress in banking companies listed on the indonesian stock exchange. AKUNTABEL, 19(2), 269-274.

Rokhayati, I., Harsuti, H., & Lestari, D. P. (2021). Analisis Karakteristik Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 51-57.

Rochayati, I. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Leverage Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 1-7.

Rokhayati, I., Nirmala, N., & Oktaviani, W. T. (2021). Capital Structure Conditions Affected by Company Internal Factors: a Case Study of Non-Cyclicals Consumer Companies on Indonesian Stock Exchange. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 351-356.

Rokhayati, I., Lestari, H. D., Harsuti, H., & Rosadi, W. (2021). Why Stock Returns on Property and Real Estate Companies on BEI?. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1228-1231.

Rokhayati, I., Wahyuningsih, E. S., & Kurniawan, S. A. (2021). Bagaimana Mengukur Nilai Perusahaan Dari Faktor Internal Perusahaan? Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Di Bei. Monex: Journal of Accounting Research, 10(2), 174-183.

Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, S., & Uripi, C. R. (2021). Kapabilitas Membangun Jaringan dengan Pemasok untuk Meningkatkan Kinerja Operasional Pada Toko Aksesoris Telepon Genggam Di Kabupaten Banyumas. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 84-95.

Surveyandini, M., & Achadi, A. (2021). Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan American English Course Purwokerto. Sebatik, 25(1), 241-247.

Surveyandini, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Konsumen Karita Muslim Square Purwokerto. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 277-281.

Winarto, H., Zumaeroh, Z., & Retnowati, D. (2022). Pengaruh Human Capital, Upah Minimum dan Angkatan Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi Sektor Industri Pengolahan di Provinsi Jawa Tengah. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 190-194.

Winarto, H., Poernomo, A., & Prabawa, A. (2021). Analisis Dampak Kebijakan Moneter terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.