Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi UKM Kewirausahaan Bursa FEB UNSOED

Cintya Puput Febriani, Nahdia Khoerun Nisa, Padang Kharismawan, Yudhistira Karen Putra, Adinda Marcelia Prianjani, Nisa Aldora, Yohanes Nugroho Waluyojati, Wiwiek Rabiatul Adawiyah, Titi Nurfitri, Bagas Gumintang

Abstract


Budaya organisasi akan membentuk identitas anggota organisasi yang diperlukan dalam menumbuhkan kebanggan serta efektifitas dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah Anggota dari UKM Kewirausahaan Bursa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman dengan jumlah sampel sebanyak 35 pengurus dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Pada penelitian ini menggunakan 3 variabel bebas yaitu respect system,respect time, respect people. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kinerja pengurus pada UKM Kewirausahaan BURSA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed, karena budaya organisasi yang baik dapat menciptakan situasi yang dapat mendorong pengurusnya meningkatan kinerja dan mendapatkan hasil yang maksimal. Pengurus diharapkan mampu mengikuti budaya organisasi secara maksimal untuk melaksanakan nilai-nilai dan aturan yang ada sehingga dapat meningkatkan kinerja.

Kata Kunci : Budaya; Budaya organisasi; Kinerja


Full Text:

PDF

References


Eppink, A. (2013). The Eppink Model and the Psychological Analysis of a Culture.

Goetsch, D. L., Stanley B. D. (2000). The Total Quality Approach to. Quality Management, ed., New Jersey: Prentice Hall.

Hardjosoedarmo, S. (1999). Bacaan Terpilih Tentang Total Quality Management.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Stanne, M. B. (2000). Cooperative learning methods: A meta-analysis. Minneapolis: University of Minnesota.

Mulyadi. (2015). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi edisi ketiga. V Rivai, D Mulyadi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sadewa, I., & Siahaan, K. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Berbasis Web pada Universitas Batanghari. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 135-146.

Schein, E. H. (1992). Organizational culture and leadership (2nd ed). San Francisco: Jossey-Bass.

Soerjono, (2009). Peranan Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru, Rajawali Pers, Jakarta.

Tylor, E. B. (1958). Primitive culture.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.