Efektivitas Penggunaan Dana Desa dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat Sub Bidang Pertanian dan Peternakan Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas Tahun 2021

Okinesta Adam Pradana, Ekaningtyas Widiastuti, Monica Rosiana, Werdha Candratrilaksita

Abstract


Pemerintah memiliki program Dana Desa yang bersumber dari APBN dan disalurkan ke rekening kas Desa dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Dana Desa pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat Sub Bidang Pertanian dan Peternakan di Desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitiatif dengan mengutamakan data primer dari hasil wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan Tingkat Efektivitas Dana Desa dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat Sub Bidang Pertanin dan Peternakan menunjukkan skor 87,27% yang berarti cukup efektif. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan terdapat permasalahan yang dihadapi oleh Petani antara lain lahan pertanian yang terbatas, harga pupuk yang dinilai terlalu mahal, dan yang utama gangguan hama pada lahan pertanian. Solusi yang diharapkan oleh para petani adalah adanya pelatihan mengenai cara bertanam yang baru serta dilakukannya pembasmian hama dari dinas terkait. Selanjutnya permasalahan yang dihadapi oleh Peternak adalah masih kurangnya pelatihan mengenai cara perawatan hewan ternak yang baik seperti dalam hal pengelolaan kandang, pakan ternak, dan perkembangbiakan ternak, serta permasalahan mengenai pengelolaan limbah kotoran ternak. Solusi yang dibutuhkan oleh para peternak adalah dapat dilaksanakan Pelatihan perawatan hewan ternak, dan dibuatkan Rumah Kompos sebagai sarana pengelolaan limbah kotoran ternak untuk dapat diolah menjadi pupuk dan biogas yang akan berdampak pada bertambahnya lapangan pekerjaan bagi warga desa dan dapat memberikan tambahan penghasilan.

Keywords: Dana Desa; Efektivitas; Pemberdayaan Petani dan Peternak

 


Full Text:

PDF

References


Antou, P., Rumate, V. A., & Maramis, M. T. B. (2019). Efektivitas Dana Desa Terhadap Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(02).

Aziz, N. L. L. (2016). Otonomi desa dan efektivitas dana desa. Jurnal Penelitian Politik, 13(2), 193-211.

Habibi, Z., & Saleh, M. (2021). Pengelolaan Dana Desa (DD) di Tinjau dari Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa dari APBN, jo.(PP Nomor 22 Tahun 2015 dan PP Nomor 8 tahun 2016) Di Desa Wakan Tahun 2018 dan 2019. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 9(1), 143-156.

Indonesia, R. (2004). Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun, 125.

Kepmendagri Nomor No.690.900-327 Tahun 1996 Tentang Kriteria Penilaian Dan Kinerja Keuangan

Lili, M. A. (2018). Pengelolaan alokasi dana desa dalam upaya meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat di desa magmagan karya kecamatan lumar. Jurnal Ekonomi Daerah (JEDA), 7(1).

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

NOMOR, PERUBAHAN KEEMPAT ATAS PERATURAN PEMERINTAH, et al. NOMOR 19 TAHUN 2013'TENTANG. Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara.

Sandewa, F., & Rahayu, S. S. (2021). UPAYA KEPALA SEKSI PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANGGAI. Jurnal Clean Goverment, 4(2), 10-23.

Saputra, I. W., Sujana, I. N., & Haris, I. A. (2016). Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Pada Desa Lembean Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Tahun 2009-2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 6(1).

Sugiyono, B. (2014). Studi Kelimpahan Populasi Thrips Sp. Pada Perlakuan Pengelolaan Hama Terpadu Dan Konvensional Pada Tanaman Cabai (Capsicum Annuum L.) Di Desa Bayem Kecamatan Kasembon Kapubaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.

Supartini, N., & Darmawan, H. (2012). Strategi Pemberdayaan Peternak Dalam Usaha Konservasi Sapi Jawi Pandaan di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. BUANA SAINS, 12(2), 27-34.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Utoyo, P. U. 2003. Strategi Pembibitan Sapi Potong Secara Nasional. Proseding Seminar Nasional Pengembangan Sapi Lokal. Fakultas Peternakan. Universitas Brawijaya. Malang.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan.Jakarta: Prenadamedia Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.