Analisis Pengaruh Perkembangan Unit Usaha BUMDes di Desa Baseh, Kec. Kedungbanteng, Kab. Banyumas Terhadap Kesejahteraan Masyarakatnya pada Masa Pandemi Covid-19

Anisa Mahmuda, Bambang Sunarko, Rio Dhani Laksana, Sigit Mulyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan unit usaha BUMDes di Desa Baseh Kec. Kedungbanteng Kab. Banyumas yang terdiri dari Kopi Robusta Baseh dan simpan pinjam terhadap kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan indikator pendapatan, kemudahan memasukkan anak ke jenjang pendidikan, dan kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner dan Skala Linert sebagai instrumen penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah alat analisis SPSS dengan uji regresi linier sederhana. Populasi dan sampel dalam penelitian ini melibatkan warga Desa Baseh yang termasuk kedalam keanggotaan BUMDes, BPD (Badan Pengawas Desa), perangkat desa, ketua RT, dan ketua RW yang berjumlah 59 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif faktor perkembangan unit usaha BUMDes terhadap kesejahteraan masyarakat sebesar 23,3%. Berdasarkan hasil penelitian, implikasinya adalah diharapkan agar unit usaha yang sudah dan sedang dijalankan oleh BUMDes agar lebih diperhatikan dalam pengelolaannya. Bagi pengurus BUMDes dan perangkat desa untuk lebih menggali potensi Desa Baseh sehingga dapat menambah unit usaha baru untuk dijalankan dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Kata kunci: Dana Desa; BUMDes; Pengaruh; Kesejahteraan Masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Cahyani, Eka, Ahmad Guspul, & Ratna Wijayanti. (2019). Analisis Pengaruh BUMDes dalam Menopang Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo (Studi Empiris Pada BUMDES Silatri Indah Desa Beran dan BUMDes Srikandi Desa Ropoh). Journal of Economic, Business and Engineering. Vol. 1. No. 1.

Gustyarini, Nur Indah Dwi. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat Di Provinsi Jawa Tengah. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.

https://kbbi.web.id/pengaruh

https://kbbi.web.id/kembang

Indonesia. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 pasal 5 (1) tentang Badan Usaha Milik Desa. Menteri Dalam Negeri. Jakarta.

Indonesia. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmig rasi Republik Indonesia No 4 Tahun 2015 pasal 3 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa. Jakarta.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 6 pasal 1 tahun 2014 tentang Desa. Pemerintah Pusat. Jakarta.

Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial pasal 1 ayat 1. Pemerintah Pusat. Jakarta.

JHU CSSE COVID-19. 2022. https://www.google.com/search?q=kasus+positif+corona+di+indonesia+hari+ini&oq=kasus+positif+corona+di+in&aqs=chrome.0.0i433j69i57j0l3j0i433j0l4.14849j0j15&sourceid=chrome&ie=UTF-8. (Diakses pada 25 Maret 2022).

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggi dan Transmigrasi. (2019). Tercatat Sebanyak 61 persen desa telah memiliki BUMDes. https://kemendesa.go.id/berita/view/detil/2862/tercatat-sebanyak-61persen-desa-telah-memiliki-bumdes?page=home. (Diakses pada 25 Maret 2022).

Prasetyaningtyas, Pita. Identifikasi Kesejahteraan Ekonomi Pekerja Olahan Ikan Tuna Berdasarkan Pengeluaran Pendapatan Di Kecamatan Pacitan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Ridwan. (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung: CV. Alfabeta.

Sinaga, Wanda Tresia Sopiana. (2021). Pengaruh Perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Gotting Sidodadi, Kec. Bandar Pasir Mandoge, Kab. Asahan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara Medan.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantittif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis: untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tama, Dantika Ovi Era. (2013). Dampak Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bagi Kesejahteraan Masyarakat di Desa Karangejek Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta.

Werang, Basilius Redan. (2015). Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta: Calpulis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.