Kontribusi Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada Perekonomian Masyarakat Miskin yang Terkena Dampak Covid-19 di Desa Linggasari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas

Didi Prakasa, Rio Dhani Laksana, Meutia Karunia Dewi, Wawan Setiawan

Abstract


Pada Maret 2020 Pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, penyebarannya semakin meluas dan berkembang di hampir seluruh provinsi. Virus ini tidak hanya berdampak pada kesehatan melainkan juga berdampak pada perekonomian di dunia khusunya perekonomian di Indonesia termasuk di Desa Linggasari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Pemerintah Indonesia memberikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terkena dampak dari Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi BLT pada perekonomian masyarakat miskin yang terkena dampak Covid-19 di Desa Linggasari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan data model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan data atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana BLT yang diberikan kepada masayarakat Desa Linggasari memberikan kontribusi. Kontribusi tersebut dapat dilihat dari indikator ketahanan ekonomi keluarga yaitu tempat tinggal keluarga, pendapatan keluarga, pembiayaan pendidikan anak, dan jaminan keuangan. Keluarga di Desa Linggasari yang mendapatkan dana BLT ini lebih banyak digunakan sebagai tambahan pendapatan keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sebagian digunakan untuk tambahan modal usaha serta untuk pembiayaan pendidikan anak.

 

Kata Kunci: Kontribusi; Bantuan Langsung Tunai (BLT); Pandemi Covid-19; Ketahanan Ekonomi Keluarga.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, L., & Zuraida, L. (2022). PENGELOLAAN DANA DESA DI MASA PANDEMI COVID-19 DESA TIRTOSARI KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 30(1), 15-25.

Arumdani, N., Rahmania, S. N., Nafi’ah, Z., & Tukiman, T. (2021). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) di Desa Mojoruntut Kecamatan Krembung Kabupatensidoarjo. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(5), 874-885.

Ayu, A. A., Siahainenia, R. R., & Kudubun, E. E. (2020). Prioritas Penggunaan Dana Desa Jekawal Kabupaten Sragen Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Analisa Sosiologi, 9(2).

Hidayat, E. (2021). Implementasi kebijakan dana desa untuk penanggulangan pandemi covid-19 di sampang. Soetomo Communication and Humanities, 2(1).

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pembanguan Ketahanan Keluarga, (2016).

Martajaya, A., & Sugiri, D. (2021). IMPLEMENTASI PENYALURAN DAN PENGGUNAAN DANA DESA PADA MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS DESA KARANGANOM KABUPATEN KLATEN. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 9(2), 109-120.

Muhaimin, M. (2020). Rekonstruksi Penggunaan Dana Desa untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Desa. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 20(4), 557-572.

Sofi, I. (2021). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dalam Pemulihan Ekonomi Di Desa. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 6(3), 247-262.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

UU Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga

UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Wahyuddin. (2016). Alokasi Dana Desa. Pustaka Baru Pres. Yogyakarta: KPMN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.