Pengaruh Kewajaran Harga, In Store Promotion, dan Efek Ketersediaan Waktu dalam Pembelian Impulse

W Wiyono, H Haryanto, Dwi Hastjartja K. B.

Abstract


Pembelian Impulse merupakan pembelian yang tidak sedikit dilakukan konsumen retail. Oleh karena itu, pembelian ini memberikan dampak yang besar terhadap retailer. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh variabel kewajaran harga dan in store promotion terhadap pembelian Impulse.

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan responden salah satu jaringan retail internasional yang beroperasi di Surakarta. Populasi penelitian ini adalah konsumen retail di Surakarta, sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling method dengan kriteria anggota populasi yang pernah melakukan pembelian Impulse.  Satu set kuesioner yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas dipergunakan untuk pengumpulan data. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji regresi melallui bantuan software SPSS.

Kajian ini menunjukkan bahwa variabel kewajaran harga dan in store promotion berpengaruh terhadap pembelian Impulse, begitupula variabel ketersediaan waktu. Hal tersebut tampak dari hasil analisis uji regresi berganda, dengan koefisien “t” sebesar 4,322 dan 3,550 berturut-turut untuk pengaruh kewajaran harga dan in store promotion terhadap variabel dependen, yakni pembelian Impulse. Sedangkan variabel Ketersediaan Waktu merupakan variabel moderasi berdasarkan hasil uji interaksi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.