Adopsi Produk Hijau: Pengaruh Kualitas Produk dan Price value Terhadap Intention to Stay

Heru Purnomo, H Haryanto, W Wiyono

Abstract


Produk hijau atau biasa juga disebut produk ramah lingkungan merupakan produk inovasi yang diharapkan menjadi pilihan utama konsumen. Pertalite merupakan salah satu produk BBM yang relatif lebih ramah lingkungan dibandingkan produk premium. Penelitian ini menguji perilaku konsumen dalam intention to stay produk ramah lingkungan.

Survey dilakukan terhadap konsumen BBM di eks Karesidenan Surakarta, sehingga populasi penelitian ini adalah masyarakat eks Karesidenan Surakarta yang menggunakan BBM. Sampelnya adalah anggota populasi yang menggunakan Pertalite dan berniat untuk tetap menggunakan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan purposive sampling method. Analisis lanjut terhadap data yang terkumpulkan menggunakan SEM PLS.

Hasil studi menunjukkan bahwa niat tetap menggunakan produk hijau dipengaruhi oleh kepuasan konsumen. Hasil SEM PLS menunjukkan bahwa skor pengaruh kepuasan terhadap intention to stay sebesar 8,370 (skor T statistik). Skor tersebut diatas rule of thumb 1,96. Lebih lanjut, variabel kualitas produk dan price value berpengaruh terhadap variabel kepuasan dengan nilai T statistik sebesar 6,842 dan 4,471.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.