Faktor Penentu Pemilihan Bank Syariah Dengan Trust Sebagai Variabel Mediasi

Rozi Fery Setiyaningsih, Bambang Agus Pramuka

Abstract


Perbankan syariah kian dibutuhkan sebagai media transaksi seiring dengan meningkatnya industri- industri halal di Indonesia. Pertumbuhan perbankan syariah yang tinggi namun memiliki market share yang masih rendah yaitu pada juli 2021 baru mencapai 6,59% dari total masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, dalam penelitian ini ingin mengetahui faktor penentu pemilihan masyarakat terhadap bank syariah dengan trust sebagai variable mediasi. Penelitian ini menggunakan tool SmartPLS 3 dengan metode analisis Partial Least Square (PLS). Responden dalam penelitian ini sebanyak 163 responden yaitu nasabah bank syariah se ekskaresidenan pekalongan. Hasilnya menunjukkan bahwa Literasi keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap pemilihan bank syariah, Literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap trust (kepercayaan), Kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap pemilihan bank syariah, Kualitas layanan berpengaruh terhadap trust (kepercayaan). Kepercayaan berpengaruh terhadap pemilihan bank syariah. Implikasi pada penelitian ini bahwa perbankan syariah perlu meningkatkan literasi keuangan syariah dalam membentuk kepercayaan terhadap produk dan layanan bank syariah. Selain itu, perlunya meningkatkan kualitas layanan. Dalam membentuk kepercayaan nasabah perlu rasa kesadaran dan niat yang tinggi.

 

Kata kunci: bank syariah, kualitas layanan, literasi keuangan syariah, trust, PLS


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. A., & Anderson, A. (2015). Islamic Financial Literacy among Bankers in Kuala Lumpur. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 3(2), 79. https://doi.org/10.24191/jeeir.v3i2.9061

Adawiyah, W. R. (2015). Pertimbangan, pengetahuan, dan sikap konsumen individu terhadap bank syariah. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 11(2), 191- 201.

Adawiyah, W. R., & Pramuka, B. A. (2017). Scaling the notion of Islamic spirituality in the workplace. Journal of Management Development.

Adistii, D., Susilowati, D., & Ulfah, P. (2021). Peran Akuntabilitas sebagai Moderasi Hubungan Religiusitas dan Literasi Wakaf terhadap Minat Berwakaf Uang. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 5(2), 122-137.

Ajzen, I. (1991). Theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2). https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Ali, H. (2019). Purchase Decision and Repurchase Models: Product Quality and Process Analysis (Case

Study of House Ownership Credit Financing in Permata Sharia Bank Jakarta). Scholars Bulletin, 05(09), 526–535.https://doi.org/10.36348/sb.2019.v05i09.006

Barber, J. S. (2011). The theory of planned behaviour: Considering drives, proximity and dynamics.

Vienna Yearbook of Population Research, 9, 31-35.

https://doi.org/10.1553/populationyearbook2011s31

Davies, J., Foxall, G. R., & Pallister, J. (2002). Beyond the intention–behaviour mythology.

MarketingTheory, 2(1), 29-113. https://doi.org/10.1177/147059310200200164

Fishbein, M., & Ajzen, I. (2011). Predicting and changing behavior: The reasoned action approach.

Taylor & Francis

Hamid, A., & Nordin, N. (2001). A study on Islamic banking education and strategy for the new millennium-Malaysian experience. International Journal of IslamicFinancial Services, 2(4), 3–11.

Hati, S. R. H., Wibowo, S. S., & Safira, A. (2020). The antecedents of Muslim customers’ intention to invest in an Islamic bank’s term deposits: evidence from a Muslim majority

country. Journal of Islamic Marketing, 12 (7), 1363-1384.

Hidayat, R., & Akhmad, S. (2015). The Influence of Service Quality, Religious Commitment and Trust on The Customersâ€TM Satisfaction and Loyalty and Decision to Do The Transaction in Mandiri Sharia Bank Of Jawatimur. Al-Ulum, 15(1), 57–90.

Ichwan, A. (2020). Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Melalui Fintech Gopay. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 129–135. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1011

Indriyanto, Nur dan Bambang Supomo. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Jasin, H., Mujiatun, S., Fauzi Rambe, M., & Bahagia Siregar, R. (2021). Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention? Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 86–102.https://doi.org/10.30596/jimb.v22i1.5630

Lajuni, N., Wong, W. P. M., Yacob, Y., Ting, H., & Jausin, A. (2017). Intention to use Islamic banking products and its determinants. International Journal of Economics and Financial Issues, 7(1).

Ghozali, I. Latan H. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi. SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Otoritas Jasa Keuangan. 2021. Statistik Perbankan Syariah November 2021. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan- syariah/Documents/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---November- 2021/SPS%20November%202021.pdf

Pramuka, B. A. (2011). Assessing profit efficiency of Islamic banks in Indonesia: An intermediation approach. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 14(1).

Ramdhani, M. A., Ramdhani, A., & Kurniati, D. M. (2011). The influence of service quality toward customer satisfaction of Islamic sharia bank. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(9), 1099–1104.

Riyadi, S. (2019). Influence between Banking Service Quality and Brand Image Against Customer Relationship and Loyalty in Sharia Bank. European Research Studies Journal, XXII(Issue 3), 322–342. https://doi.org/10.35808/ersj/1475.

Rofiqo, A., Addinata, V. H., & Sari, D. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas dengan Kepercayaan dan Kepuasan sebagai Variabel Mediator Bank Syariah di Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–11.

Wiliasih, R., & Shadrina, F. (2017). Faktor Dominan Yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah, Bprs, Dan Kspps. Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 3(2), 442. https://doi.org/10.30997/jn.v3i2.911

Wu, H.C., Cheng, C.C. and Hussein, A.S. (2019), “What drives experiential loyaltytowards

the banks? The case of Islamic banks in Indonesia”, International Journal of Bank Marketing, 37(2), 595-620, doi: 10.1108/IJBM-04-2018-0101.

Zaman, Z., Mehmood, B., Aftab, R., Shahid, M., & Ameen, Y. (2017). Role of Islamic Financial Literacy in the Adoption of Islamic Banking Services: An Empirical Evidence from Lahore, Pakistan. Journal of Islamic Business and Management (JIBM), 7(2), 230–247. https://doi.org/10.26501/jibm/2017.0702-006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.