Analisis Penilaian Kinerja RS XXX Dengan Pendekatan Balanced Scorecard

Tri Retno Wasis, Siti Maghfiroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian kinerja RS dengan pendekatan Balanced Scorecard. Objek penelitian ini adalah rumah sakit swasta di Purbalingga. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuantitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi laporan keuangan untuk data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan penilaian kinerja rumah sakit dari ke empat perspektif balanced scorecard adalah cukup baik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa : (1) perspektif keuangan baik dilihat dari rasio keuangan yang sesuai dengan kriteria; (2) perspektif pelanggan cukup baik didukung oleh hasil perhitungan retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan; dan (3) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran cukup baik karena berdasarkan data diklat SDM mengenai retensi karyawan dan pelatihan karyawan.

 

Kata Kunci: penilaian kinerja, balanced scorecard


Full Text:

PDF

References


Hadari Nawawi. (2006). Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hendrawan Suprapto, dkk. (2012). Manajemen Kinerja untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing pada Perusahaan. Yogyakarta : Bumi Aksara.

Ilhyaul Ulum. (2012). Audit Sektor Publik Suatu Pengantar. Jakarta : Bumi Aksara. Irham Fahmi. (2010). Manajemen Kinerja. Bandung : Alfabeta.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi (Terjemahan). Jakarta : Erlangga.

Moeherino. (2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor : Ghalia Indonesia. Muhamad Mahsun. (2013). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : BPFE.

Risma Wira Bhrata, dkk. (2019). Penerapan Balanced Scorecard dalam Mengukur KinerjaRumah Sakit Umum Daerah Wonosari.

Sri Wulan. (2019). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang.

Vincent Gaspers. (2002). Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Jakarta : Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.